kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) minimalisir kerugian petani di musim kekeringan


Jumat, 08 November 2019 / 17:18 WIB
Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) minimalisir kerugian petani di musim kekeringan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim kemarau dan kekeringan yang melanda Indonesia pada pertengahan 2019, dikhawatirkan membuat gagal panen di musim tanam April-September.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kejadian kekeringan parah di Indonesia pada 2019 umumnya disebabkan kejadian anomali iklim di Samudera Pasifik berupa El Nino dan/atau di Samudera Hindia berupa Dipole Mode positif (IOD+).

Fenomena El Nino merupakan anomali suhu permukaan laut di wilayah Pasifik Tengah Ekuator yang lebih panas dari biasanya.

Kondisi inilah yang membuat PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Asuransi Jasindo mengajak para petani untuk mengasuransikan lahan sawahnya.

Baca Juga: Asuransi Jasindo turunkan tim trauma healing ke Sigi, Palu, dan Donggala

Menurut Direktur Utama Asuransi Jasindo Edie Rizliyanto, produk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian berfungsi memberikan rasa aman bagi petani untuk menghindari gagal panen.

“Sampai saat ini lahan sawah yang telah diilindungi oleh Asuransi Jasindo mencapai hampir 1 juta hektare. Diharapkan target AUTP dari Kementerian Pertanian bisa ditingkatkan lagi sehingga dapat melindungi semua petani yang mempunyai lahan garap di bawah 2 hektare,” tutur Edie dalam keterangannya, Jumat (8/11).

Edie melanjutkan, AUTP merupakan pengejawantahan UU No. 19 Th. 2013 Tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Petani. “Melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian BUMN, Asuransi Jasindo ditunjuk untuk melaksanakan program Pemerintah tersebut,” katanya.

Baca Juga: Jumlah nasabah asuransi pertanian masih terbatas

AUTP tutur Edie, mampu membantu petani saat mengalami musim kering berkepanjangan seperti yang terjadi sejak pertengahan 2019.  AUTP akan mengganti kerugian yang dialami petani, sehingga dapat membeli bibit dan pupuk untuk musim tanam berikutnya.

“Diharapkan dengan mengikuti AUTP petani mempunyai modal awal untuk memulai kembali usaha pertaniannya sehingga tidak terjerat utang kepada rentenir untuk memperoleh modal awal bertani. Tak hanya itu, dengan mengikuti AUTP Petani juga akan lebih mudah terakses kepada lembaga keuangan,” tuturnya.

Asuransi Jasindo berharap semakin banyak petani yang memanfaatkan asuransi ini, karena asuransi ini memiliki premi yang kecil tapi mampu memberikan jaminan yang maksimal.

Baca Juga: Jasindo prediksi segmen ritel berkontribusi 40% di akhir tahun

“Terutama untuk petani penggarap yang masih hidup di bawah garis kemiskinan dapat diberikan bantuan subsidi premi full dari APBN,” lanjutnya.

Untuk mengakses asuransi ini, para petani cukup membayar Rp 36.000 dan sisa Rp 144.000 akan disubsidi pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×