kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini rencana besar transformasi digital oleh perbankan


Rabu, 10 Juni 2020 / 18:55 WIB
Begini rencana besar transformasi digital oleh perbankan
ILUSTRASI. Mandiri online merupakan integrasi dari dua channel pembayaran, Mandiri Internet dan Mandiri Mobile, menawarkan layanan perbankan berbasis TI yang memudahkan nasabah memperoleh informasi tentang seluruh produk perbankan sekaligus melakukan transaksi keuan


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan di tanah air terus berbenah menjadi bank digital menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Tatanan baru atau new normal dalam masa pandemi Covid-19 mendorong bank semakin mempercepat pengembangan digitalisasi baik dari sisi produk maupun proses bisnis.

Sejumlah bank sudah membuat peta jalan atau road map menuju bank digital dan sedang mempersiapkan peluncuran produk atau layanan anyar berbau digital. Adanya bank yang ingin bermetamorfosis menjadi bank digital penuh seperti Bank Royal dan Bank Artos, lalu ada pula yang bertransformasi tetapi dengan tetap mempertahankan sisi konvensionalnya.

Baca Juga: BCA: Restrukturisasi tanpa pencadangan adalah kamuflase

Bank Mandiri salah satu yang sudah mempersiapkan road map menuju bank digital. Bank pelat merah ini sebetulnya telah menyusun tahap-tahapan untuk mempercepat akselerasi perseroan menjadi bank digital dalam rencana bisnisnya untuk lima tahun ke depan.

Namun, Bank Mandiri akan mempercepat proses penyesuaian platform digital untuk menghadapi kondisi new normal yang memang membutuhkan digitalisasi dalam semua aspek. "Untuk membuat model dan proses bisnis secara digital ini tidak sekedar membalikan telapak tangan. Tetapi kami sudah punya road map-nya," kata Royke Tumilar, Direktur Utama Bank Mandiri, Senin (8/6).

Dalam proses menuju bank digital tersebut, Bank Mandiri tidak hanya mendigitalisasi produk tetapi juga akan mencakup proses bisnis, seperti mendigitalkan beberapa transaksi.

Royke bilang, pihaknya bakal meluncurkan sejumlah produk yang terkait dengan digital dalam waktu dua atau tiga bulan ke depan. Namun, ia tidak menjelaskan lebih detail produk seperti apa yang bakal dirilis tersebut.

Baca Juga: Tambah modal, Bank Mayapada akan rights issue dengan terbitkan 2,27 miliar saham

Di saat yang sama, PT Bank Cetral Asia Tbk (BBCA) terus mempersiapkan anak usahanya PT Bank Royal bertransformasi menjadi bank digital penuh. Bank ini akan segera diganti namanya menjadi Bank Digital BCA.




TERBARU

[X]
×