kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,63   -7,86   -0.85%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biar efisines, BI dorong perbankan bekerja sama dengan fintech


Senin, 23 September 2019 / 20:05 WIB
Biar efisines, BI dorong perbankan bekerja sama dengan fintech
ILUSTRASI. Financial Technology (Fintech)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) akan mendorong integrasi keuangan ekonomi keuangan digital. Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem pembayaran BI Filianingsih Hendarta menyatakan hal ini dilakukan seiring dengan menjalan fungsi BI terutama mengenai stabilitas moneter dan stabilitas makroprudensial.

"Kita punya working group open API, kita mendorong digitalisasi perbankan. Karena sistem keuangan masih didominasi oleh bank 80%, sebagai pemain besar, yang harus didigitalisasi duluan adalah perbankan. Sedangkan fintech ini pemain baru untuk dorong ekonomi keuangan digital," ujar Filianingsih di sela-sela Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2019 pada Senin (23/9).

Baca Juga: BI akan standardisasi kerja sama antara fintech dan BPR

Filianingsih bilang kolaborasi antara bank dengan fintech dapat membuat bank lebih efisien. Lantaran bank tidak perlu membuka cabang di daerah-daerah kecil. Peran ini bisa dibantu dengan fintech peer to peer lending yang menyasar segmen nasabah kelas bawah.

Bank Indonesia mengakui fintech menawarkan inovasi bagi inklusi keuangan. Namun perlu diimbangi dengan prinsip kehati-hatian dan anti pencucian uang serta anti terorisme.

Lanjutnya, menekankan BI akan terus menerapkan kepentingan nasional. Artinya bila pemain fintech Indonesia bekerja sama dengan asing, maka harus saling menguntungkan bagi pemain lokal.

Baca Juga: Dikabarkan raup pendanaan US$ 8,5 juta dari Access Ventures, ini kata Akseleran

“Jangan sampai kita jadi pekerja di rumah sendiri. Kira harus jadi tuan rumah di tempat sendiri. Bisa kita lihat, tidak ada tempat seindah Indonesia. Ibaratnya itu kita sebagai gadis cantik yang memikat. Sehingga kita harus menjaga nasional interest,” pungkas Filianingsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×