kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bunga acuan BI turun, biaya dana BTN masih stabil


Selasa, 01 Oktober 2019 / 15:11 WIB
Bunga acuan BI turun, biaya dana BTN masih stabil
ILUSTRASI. Biaya dana atau cost of fund BTN masih stabil meskipun bunga acuan BI telah turun.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan tiga kali sebanyak 75 basis poin sepanjang tahun ini menjadi 5,25%. Namun,  penurunan itu belum belum berdampak besar terhadap pengurangan biaya dana atau cost of fund (CoF) yang ditanggung bank.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN, anggota indeks Kompas100) misalnya mencatatkan biaya dana per Agustus sekitar 5,5%. Posisi itu masih sama dari bulan sebelumnya.

Sementara secara tahunan (year on year/yoy) dan sepanjang tahun (year to date/ytd) masih tercatat ada kenaikan biaya dana sebagai dampak dari kenaikan bunga acuan yang terjadi pada paruh kedua tahun 2018.

Baca Juga: Tertinggi 7%, ini bunga deposito bank pasca BI dan LPS pangkas suku bunga

"Meskipun BI telah menurunkan suku bunga acuannyajadi 5,25%, namun dampak signifikan masih butuh waktu sesuai kondisi di pasar, mengingat masih ketatnya likuiditas dan ketatnya persaingan dalam perolehan DPK yang terjadi antar perbankan," jelas Direktur Kepatuhan BTN Mahelan Prabantarikso kepada Kontan.co.id, Selasa (1/10).

Mahelan bilang, BTN tetap berupaya menurunkan CoF tersebut hingga menuju level di bawah 5.5 % pada akhir tahun ini. Caranya dengan merekomposisi deposito berbiaya mahal, memdorong dana murah (CASA) dengan cara meningkatkan average balance segmen mass serta meningkatkan akuisisi nasabah baru segmen emerging affluent dan affluent melalui proposisi fitur digital banking.

Per Agustus 2019, rasio CASA bank pelat merah ini berada pada posisi sekitar 40% dan diproyeksikan akan menuju level di atas 43% di ujung tahun.

Pada akhir September, BTN telah melakukan penyesuaian bunga deposito spesial untuk kedua kalinya menjadi 6,5% setelah penurunan pertama dilakukan pada akhir Juli sebedar 25 basis poin.

Baca Juga: DPK valas perbankan mulai menciut di bulan Agustus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×