kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fintech P2P lending gencar kerjasama dengan bank


Senin, 26 Agustus 2019 / 13:53 WIB
Fintech P2P lending gencar kerjasama dengan bank


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolaborasi fintech peer to peer (P2P) lending makin ramai. Kerjasama ini diperkirakan meningkatkan jumlah penyaluran pinjaman di industri fintech.

PT Mitrausaha Indonesia Grup atau Modalku telah bekerjasama dengan PT Bank Sinarmas Tbk. Dalam hal ini, bank mempunyai posisi sebagai lender atau pemberi pinjaman ke borrower.

Selain kerjasama dengan Bank Sinarmas, Co-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya mengaku telah menjajaki kerjasama dengan satu bank lain.

Baca Juga: MPM Finance belum berniat kerja sama dengan fintech

"Kami sedang finalisasi dengan beberapa institusi. Adapun kerjasama dengan satu bank masih signing tapi belum kelar," kata Reynold kepada Kontan.co.id, Senin (26/8).

Dengan kerjasama ini, Reynold berharap bisa mendukung pemodalan di sektor Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tapi Modalku tak membidik pendanaan khusus melalui kerjasama ini.

Yang jelas, secara volume nilai penyaluran dana per institusi seperti bank lebih besar tapi secara kumulatif tetap dari ritel.

Diketahui Modalku bidik pinjaman Rp 10 triliun sepanjang 2019 di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Nilai ini tumbuh 150% year on year (yoy) dibandingkan pinjaman yang disalurkan Modalku di akhir 2018 yaitu Rp 4 triliun.

Tak hanya Modalku, PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) juga tertarik mengajak bank bergabung. 

CEO dan Co-Founder Akseleran Ivan Nikolas Tambunan mengatakan telah melakukan penjajakan dengan beberapa bank.

"Kami sedang finalisasi dengan beberapa bank tapi belum closing. Yang sudah jalan dengan beberapa perusahaan pembiayaan," ungkap Niko.

Baca Juga: Males antre di kantor Bank Mandiri, buka deposito online via Mandiri Online

Menurut Niko, kerjasama dengan bank bisa menekan cost of fund atau beban biaya dana bagi peminjam. Jadi bunga yang dibayarkan peminjam lebih murah.

Selama ini Akseleran telah kerjasama dengan bank untuk virtual account dan escrow account. Untuk virtual account sudah melibatkan Bank Permata, Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga, BNI dan BRI.

Sampai akhir tahun, Akseleran menargetkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 1 triliun. Strateginya dengan mengintensifkan produk dan jaringan yang ada. 

Serta lebih banyak partnership, khususnya dalam skema supply-chain financing dan memperbanyak kolaborasi channeling dengan lembaga pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×