kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,44   -8,07   -0.86%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Agustus, penyaluran KPR CIMB Niaga tumbuh 13,6%


Selasa, 03 September 2019 / 19:19 WIB
Hingga Agustus, penyaluran KPR CIMB Niaga tumbuh 13,6%
ILUSTRASI. Kerjasama KPR CIMB Niaga dengan Astra Modern Land


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk terus berupaya mengejar target pertumbuhan penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) hingga dua digit pada tahun ini. Hingga Agustus 2019, bank swasta buku IV ini telah mencatatkan pertumbuhan penyaluran KPR sebesar 13,6% secara year on year (yoy).

Heintje Mogi, Kepada Bisnis Mortgage & Indirect Auto CIMB Niaga mengatakan, penyaluran KPR masih tumbuh cukup bagus sejalan dengan strategi-strategi bisnis yang dijalankan CIMB Niaga.

Sepanjang Januari-Agustus 2019, CIMB Niaga mencatat penyaluran KPR baru sebesar Rp 6,3 triliun atau tumbuh 13,6% yoy. Sementara tahun ini, CIMB Niaga hanya menargetkan penyaluran KPR Rp 10,5 triliun. "Jadi kami sangat yakin sampai akhir tahun, KPR tumbuh dua digit," kata Heintje kepada Kontan.co.id, Selasa (3/9).

Total portofolio KPR CIMB Niaga hingga Agustus mencapai Rp 32,5 triliun. Dari jumlah itu, sekitar Rp 10 triliun disalurkan lewat pembiayaan syariah.

Baca Juga: Bankir bilang tren bunga KPR mengarah turun usai penurunan suku bunga BI

Adapun rata-rata ticket size atau nilai KPR yang dibiayai CIMB Niaga sekitar Rp 900 juta-an.

Sedangkan bunga KPR yang ditawarkan CIMB Niaga adalah 6,7% fixed tiga tahun dan 8% fixed lima tahun dan bunga floating sekitar suku bunga Bank Indonesia (BI) ditambah 5%.

Heintje mengatakan, pertumbuhan KPR CIMB tersebut diikuti dengan kualitas kredit yang terjaga. Terbukti, rasio non performing loan (NPL) KPR CIMB Niaga per Juli ada di kisaran 2,3% atau membaik dari akhir tahu lalu di level 2,4%.

Guna menggenjot pertumbuhan KPR, CIMB memilih tidak melakukan pemasaran secara besar-besaran. Bank ini lebih fokus menjalin kerjasama dengan pengembang, asosiasi dan juga komunitas. "Saat ini kami sudah bermitra dengan 800 pengembang," ungkap Heintje.

Selain itu, CIMB Niaga juga melakukan program referral club yakni memberikan komisi bagi orang yang merekomendasikan teman ataupun kenalannya yang ingin memindahkan KPR dari bank lain.

Baca Juga: Kredit konsumer perbankan di awal kuartal III 2019 kurang bergairah

CIMB akan bekerjasama dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) menggelar pameran properti bertajuk JPEx di Atrium Utama Mall Taman Anggrek selama periode 3 September-8 September 2019. Itu merupakan pameran yang kedua yang dilakukan CIMB dengan Arebi.

Ada 13 pengembang yang berpartisipasi dalam pameran itu. Disana, CIMB menawarkan bunga 6,75% fixed tiga tahun dan ada juga bunga khusus sampai 4% untuk pengembang yang bersedia memberikan subsidi bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×