kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi pemegang saham Jiwasraya Putra, 4 BUMN akan pasarkan produk asuransi jiwa


Selasa, 01 Oktober 2019 / 18:25 WIB
Jadi pemegang saham Jiwasraya Putra, 4 BUMN akan pasarkan produk asuransi jiwa
ILUSTRASI. Kantor Pusat Asuransi Jiwasraya


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah menjadi pemegang saham Jiwasraya Putra, empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan rilis produk asuransi jiwa. Mereka adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Pegadaian, PT Kereta Api Indonesia dan PT Telkomsel.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, nantinya produk yang akan dirilis mengandalkan customer base dari masing-masing perusahaan. Meski demikian, produk yang akan dikeluarkan tetap bergantung kesepakatan dengan induk usaha Jiwasraya Putra yaitu PT Asuransi Jiwasraya.

Baca Juga: Perbaiki likuiditas, empat BUMN jadi pemegang saham Jiwasraya Putra

“Kan produknya masing-masing (BUMN), jadi bervariasi dan bergantung kedua belah pihak. Detil produknya masih berkaitan dengan asuransi jiwa, misalnya BTN keluarkan produk 1,2,3,4 dan Telkomsel 1,2,3,” kata Gatot di Jakarta, Selasa (1/10).

Namun gatot membantah bahwa kepemilikan empat BUMN atas saham Jiwasraya Putra itu merupakan kompensasi atas bantuan pendanaan yang akan dikucurkan perusahaan pelat merah itu ke Jiwasraya.

Justru kesepakatan penyehatan Jiwasraya ini disebutnya berdasarkan kajian Jasa Konsultan Aktuari Millimen, terkait potensi bisnis yang bisa dikembangkan untuk 30 tahun ke depan.

“Bukan (penyertaan modal dari 4 BUMN), tapi penyertaan potensi ke depan yang harus kami lakukan. Karena Jiwasraya Putra sudah berdiri dan dibuat oleh Jiwasraya kemudian semua produk dari masing-masing BUMN dihitung value-nya di Millimen dan diketahui value yang menjadi kontribusi saham mereka,” jelas Gatot.

Baca Juga: Empat BUMN jadi pemegang saham anak usaha Jiwasraya, siapa saja mereka?

Sayangnya Gatot enggan menyebutkan berapa potensi bisnis dari produk asuransi yang dikembangkan empat BUMN tersebut. Sementara dari sisi pembagian keuntungan, bergantung porsi kepemilikan saham di Jiwasraya Putra.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×