kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KB Kookmin Bank siap tambah modal di Bukopin


Minggu, 17 Mei 2020 / 18:46 WIB
KB Kookmin Bank siap tambah modal di Bukopin
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah di Bank Bukopin Jakarta.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk  mengatakan saat ini pihaknya sedang dalam proses menyelesaikan rencana untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas V (PUT V) atau rights issue. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (17/5), Sekretaris Perusahaan Bank Bukopin Meliawati menyebut aksi korporasi ini sebelumnya telah disetujui oleh para pemegang saham Bank Bukopin dalam Rapat Umum Pemegang Saham Oktober 2019.

Baca Juga: Bukopin jadi bank dengan porsi kredit terbesar di segmen UMKM

Adapun, bank bersandi bursa BBKP ini tengah mendiskusikan detail terkait implementasi PUT V dengan pemegang saham utamanya, termasuk Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank. 

"Dengan aksi korporasi ini, Bank Bukopin berharap dapat memperkuat struktur permodalannya untuk dapat menghadapi tantangan dan rencana bisnis ke depan," tuturnya.

KB Kookmin Bank saat ini merupakan pemegang saham terbesar kedua Bank Bukopin dengan 22% kepemilikan saham. KB, yang merupakan bagian dari grup keuangan terbesar KB Financial Group yang berbasis di Korea Selatan, sebelumnya telah berpartisipasi sebagai pembeli siaga Penawaran Umum Terbatas IV Bank Bukopin pada tahun 2018. KB Kookmin Bank telah menyatakan bahwa pihaknya terus mendukung pengembangan bisnis Bank Bukopin dan perbaikan kinerja ke depannya.

Lebih lanjut, peningkatan modal dari PUT V diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnis Bank Bukopin yang fokus pada segmen ritel, yaitu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan segmen konsumer, yang didukung oleh perkembangan perbankan digital ke depan.

Dengan tambahan modal yang segera direalisasikan, diharapkan akan optimal untuk mendukung bisnis utama Bukopin yang terutama di segmen UMKM. 

Tercatat, pada Desember 2019 di antara 21 bank dengan aset terbesar, Bank Bukopin menempati posisi teratas dalam menyalurkan kredit UMMKM dengan komposisi 57,4% dari total pinjaman yang diberikan. "Dua bank di bagian bawah daftar memiliki porsi pinjaman UMKM sebesar 48,4% dan 24,9% dari total pinjaman," tulisnya.




TERBARU

[X]
×