kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LinkAja siap susul GoPay dalam pembayaran non tunai untuk pembuatan SIM


Senin, 26 Agustus 2019 / 16:48 WIB
LinkAja siap susul GoPay dalam pembayaran non tunai untuk pembuatan SIM
Sosialisasi pembayaran non tunai untuk pembuatan dan perpanjangan SIM


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. GoPay bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk metode pembayaran non tunai dalam transaksi pengumpulan (Penerimaan Negara Bukan Pajak) atau PNPB pembuatan dan perpanjang SIM. Nantinya para pembuat dan perpanjang SIM dapat melakukan pembayaran melalui GoPay dan dana yang dikeluarkan akan masuk ke dalam kas negara pada hari yang sama.

Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono antusias dalam kerja sama dengan Polda Metro Jaya. Edwin berharap dari inovasi ini dapat berkembang dan dapat dimanfaatkan nanti oleh masyarakat secara luas.

Baca Juga: Alumnia terus berkoordinasi dengan OJK setelah masuk regulatory sandbox

“Kerjasama ini tidak membutuhkan proses dengan waktu yang lama, karena kami ingin berkontribusi untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Kerjasama ini hingga terealisasi dengan baik hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja,”kata Edwin Ariono kepada Kontan.co.id, Senin (26/8).

Sebagai informasi, sebelumnya GoPay telah menjalin kerja sama dengan polres di 9 kota dan kabupaten di Indonesia untuk memberikan layanan pembayaran dan perpanjangan SIM. Namun, kerja sama ini baru terealisasi di Polda Metro Jaya Jakarta Barat.

Tak mau ketinggalan, LinkAja akan segera menyusul GoPay untuk metode pembayaran non tunai dalam pembuatan dan perpanjang SIM. Namun, LinkAja belum bisa menentukan kapan kerjasama itu akan terlealisasikan.

“Kita hadir untuk memberikan layanan non tunai kepada masyarakat, salah satunya pembayaran PNBP SIM ini. Apapun yang berhubungan dengan layanan non tunai, LinkAja akan berpatisipasi, karena kita ingin memudahkan masyarakat transaksi non tunai kepada masyarakat,” kata Putri Dianita, Head of Corporate Communication LinkAja, kepada Kontan.co.id, Senin (26/8).

Baca Juga: Investree siap ekspansi ke Filipina pada 2020

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, dengan adanya kerja sama ini akan membantu menciptakan layanan publik yang lebih transparan sehingga masyarakat bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik.

“Di mana cashless payment ini salah satu perubahan yang tadinya pembayaran secara tunai sekarang jadi menggunakan kartu atau barcode nantinya akan memotong saldo yang ada dalam rekening. Kelebihannya adalah satu hari langsung bisa masuk tidak melalui bank yang lain. Hari ini dibayar langsung masuk kas negara,” ujar Yusuf saat ditemui oleh Kontan.co.id, di Jakarta (26/8).

Yusuf berharap ini akan terus berkembang ke wilayah lain. Dan mungkin nanti ada PNBP lainnya yang menggunakan cara seperti ini. 

Baca Juga: Platform Jenius menyumbang 5% bagi DPK Bank BTPN

Ia juga bilang, dengan adanya sosialisasi atau soft launching chasless payment terhadap PNBP SIM, ini merupakan pintu pertama untuk membuka dan dapat berkembang ke wilayah lain. Saat ini Polda Metro Jaya masih mempelajari untuk STNK agar bisa dilakukan seperti SIM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×