kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri jadi mitra bank terbaik BI dalam pengendalian moneter


Jumat, 29 November 2019 / 17:52 WIB
Mandiri jadi mitra bank terbaik BI dalam pengendalian moneter
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di Bank Mandiri Jakarta, Kamis (12/9). Bunga deposito perbankan beranjak turun usai Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 5,5% di bulan lalu./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/09/2019.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk terus mendukung Bank Indonesia (BI) dalam mengimplementasikan kebijakan-kebijakan moneter untuk menjaga kestabilan sektor keuangan dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Atas hal itu, perseroan disematkan penghargaan BI Award 2019 kategori Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik serta Bank Pendukung Pendalaman Pasar Uang Terbaik. Sementara Bank Mandiri cabang Sorong juga terpilih menjadi Kantor Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik.

Baca Juga: Ingin naik kelas ke BUKU III, sejumlah bank syariah ini siap tambah modal tahun depan

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kepada Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Ariyanto, dan Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi serta disaksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Jakarta, Kamis (28/11) malam.

Menurut Sulaiman, konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung BI didasari oleh komitmen perseroan untuk menjadi institusi keuangan yang berperan aktif dalam penciptaan industri finansial domestik yang kuat serta mampu mendukung ekonomi nasional.

Dalam mendukung pengendalian moneter, misalnya, kami memiliki basis nasabah eksportir yang sangat besar sehingga mampu menyediakan kebutuhan valas di pasar. Lalu, struktur pendanaan yang sangat kuat membuat Bank Mandiri mampu menyalurkan rupiah di pasar uang antar bank sehingga fluktuasi suku bunga di pasar uang antar bank relatif stabil, kata Sulaiman.

Baca Juga: Selepas tengah hari, rupiah masih tertahan di zona merah

Dia menambahkan, saat ini volume transaksi valas Bank Mandiri mencapai US$ 700Juta per hari atau hampir 35% dari rata-rata volume harian transaksi valas antar bank di Indonesia dalam mendukung pendalaman pasar uang, jelasnya, Bank Mandiri aktif membantu BI mengembangkan produk-produk di pasar keuangan domestik.

Contohnya, produk transaksi repo antar bank dimana Bank Mandiri menjadi market leader dan aktif mensosialisasikan produk ini kepada industri perbankan nasional.

Untuk transaksi repo, per November tahun ini, kami telah mencatatkan nilai transaksi hingga Rp144 triliun atau 52% dari total volume repo di pasar uang antar bank, dengan jumlah mitra perbankan 63 bank, ungkap Sulaiman.




TERBARU

[X]
×