kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,28   -13,21   -1.43%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal fungsi tresuri perbankan, menurut CIMB Niaga


Minggu, 29 September 2019 / 20:18 WIB
Mengenal fungsi tresuri perbankan, menurut CIMB Niaga


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih banyak nasabah perbankan maupun masyarakat yang belum mengetahui fungsi tresuri atau treasury pada bisnis perbankan. Nah, Menurut Direktur Treasury and Capital Market PT Bank CIMB Niaga Tbk John Simon tresuri merupakan pengaturan keuangan dalam bisnis. 

"Tugasnya mengatur lalu lintas uang masuk di kantong kiri dan keluar dari kantong kanan agar arus kas lancar secara seimbang," katanya kepada Kontan.co.id, Minggu (29/9). 

Sedangkan dalam perbankan, fungsi tersebut disebut pula dengan istilah manajemen likuiditas atau liquidity management. Tresuri bekerjasama dengan unit bisnis terkait lainnya, dan berperan mengelola ketersediaan uang untuk kebutuhan para deposan dan debiturnya. 

Baca Juga: CIMB Niaga Auto Finance catat realisasi pembiayaan Rp 2,1 triliun per Agustus

"Pada satu sisi, tugasnya adalah memastikan agar uang yang disimpan para deposan selalu tersedia kapan pun jika mereka ingin mengambilnya," katanya. 

Di sisi lain, tresuri juga bertugas untuk mengatur agar permintaan dana atau pinjaman oleh para debitur dapat terpenuhi. Namun, tak terbatas sampai di situ saja. John menjelaskan bagi bank devisa seperti CIMB Niaga, fungsi tresuri juga berperan melayani kebutuhan nasabah lewat fungsi trading dan sales

Ia menganalogikan peran tresuri sebagai juru masak yang harus mampu mengolah bahan makanan secara tepat agar cocok bagi para pelanggan. Sama halnya di CIMB Niaga, tresuri juga bertanggung jawab untuk meramu solusi finansial secara hati-hati serta disesuaikan dengan risk appetite dan kebutuhan nasabah. 

Baca Juga: Untuk pendanaan proyek, Summarecon Agung (SMRA) pilih obligasi ketimbang SBK

"Sehingga dapat mendukung nasabah mencapai tujuan finansial dan pertumbuhan bisnisnya," sambung John. 

Kini, memasuki era teknologi yang marak. Perbankan pun harus secara aktif dan kreatif melakukan inovasi agar dapat bersaing. Tak terkecuali unit tresuri, John mengatakan pihaknya telah mengadopsi dan memanfaatkan teknologi terkini guna membentuk pola bisnis yang lebih optimal. 

Apalagi, operasional tresuri bersifat global dan realtime. Dengan tanggung jawab yang cukup besar itu, John mengibaratkan tresuri merupakan jantung sebuah bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×