kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski ada pandemi, laba kantor luar negeri bank BUMN masih tumbuh pesat


Senin, 31 Agustus 2020 / 18:43 WIB
Meski ada pandemi, laba kantor luar negeri bank BUMN masih tumbuh pesat
ILUSTRASI. Dua orang staf sedang beraktivitas di Kantor Sub Branch BNI Osaka, Jepang


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis internasional perbankan bank pelat merah masih tumbuh positif sepanjang semester I 2020 meskipun dihadapkan dengan tantangan pandemi Covid-19. Perolehan laba dari unit dan kantor luar negeri masing-masing bank masih tumbuh dua digit. 

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) misalnya mencatatkan laba bersih dari unit kerja luar negeri (UKLN) pada semester I 2020 tumbuh 33,56% year on year (yoy). 

"Pertumbuhan laba tersebut juga diimbangi dengan kualitas asset yang terjaga baik dimana rasio non performing loan (NPL) dapat dipertahankan pada level 0%," kata SEVP Treasury & Global Services Bank BRI Listiarini Dewajanti kepada Kontan.co.id, Senin (31/8). 

Baca Juga: Bank-bank besar masih optimistis kinerja akan tumbuh positif di tahun ini

BRI New York Agency masih menjadi kontributor utama laba bersih dengan porsi 58% dari total laba bersih UKLN, dan sisanya disumbangkan oleh BRI Singapura dengan porsi 27% dan BRI Timor Leste dengan porsi 15%. 

Listiarini bilang, BRI New York Agency jadi kontributor laba yang signifikan karena memang sudah beroperasi sejak 1988. Sedangkan BRI Singapura dan BRI Timor Leste relatif baru dimana masing-masing unit kerja tersebut beroperasi sejak 2015 dan 2017, namun keduanya sudah mulai mencatatkan pertumbuhan signifikan masing 247,73% yoy dan 44,96% yoy.

Sampai akhir tahun, BRI memproyeksikan, laba bersih UKLN tetap akan tumbuh positif walaupun tidak akan setinggi tahun 2019 seiring dengan dampak pandemi Covid-19 yang diperkirakan masih akan terasa sampai semester II-2020.

Pada paruh kedua ini,  UKLN BRI fokus menjaga kualitas aset melalui penerapan risk management yang lebih stringent dan ekspansi bisnis pada aset-aset yang sesuai dengan profil aset dan liabilibities UKLN. 

"Ekspansi bisnis difokuskan pada pembiayaan produk-produk trade finance dan turunannya yang memiliki risk and return yang acceptable bagi BRI," tandas Listiarini. 

UKLN Bank Mandiri juga mencatatkan pertumbuhan cukup positif. Labanya tumbuh sebesar 50% yoy pada semester I-2020 meski pandemi mempengaruhi bisnisnya terutama untuk Mandiri Shanghai dan Mandiri London.




TERBARU

[X]
×