kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan menginjak gas pembukaan rekening daring


Kamis, 07 Mei 2020 / 18:50 WIB
Perbankan menginjak gas pembukaan rekening daring
ILUSTRASI. Lewat pemanfaatan teknologi, mayoritas bank besar kini telah memiliki layanan pembukaan rekening secara daring.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) praktis membuat aktivitas nasabah di kantor cabang turun. Meski begitu, menurut perbankan hal tersebut tidak membuat jumlah rekening baru turun. Sebab, lewat pemanfaatan teknologi, mayoritas bank besar kini telah memiliki layanan pembukaan rekening secara daring.

Misalnya PT Bank CIMB Niaga Tbk yang mengungkapkan jumlah pengguna aplikasi mobile banking OctoMobile kini telah berjumlah 3,5 juta rekening. Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan pun menjelaskan jumlahnya terus meningkat di tengah penerapan kebijakan PSBB, termasuk kerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Pembukaan rekening lewat OctoMobile salah satu inisiatif untuk peningkatan dana pihak ketiga (DPK) dana murah, terutama tabungan. Sejauh ini tumbuh dua digit," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (6/5). Pihaknya juga menambahkan, saat ini rasio dana murah CIMB Niaga juga sudah cukup terjaga sesuai target yakni 60%.

Baca Juga: Transaksi agen BRILink mencapai Rp 8,24 triliun, naik pesat saat wabah corona

Bank dengan kode saham BNGA ini optimistis tabungan akan tetap tumbuh dua digit lewat pemanfaatan digital pada tahun ini. Menurut dia, saat ini di CIMB Niaga hampir seluruh rekening tabungan baru sudah dilengkapi mobile banking. Jumlah pengguna mobile banking menurut catatan Lani meningkat sekitar 50.000 per bulan.

Kini, pekerjaan rumah CIMB Niaga antara lain mendorong transaksi nasabah. "Dengan pembatasan akibat Covid-19 membuat nasabah mulai terbiasa dan mulai percaya untuk menggunakan digital channel, kami dorong terus terutama untuk nasabah yang berusia tua," kata Lani.

Sebagai upaya mendorong transaksi tersebut, pihaknya pun telah memfokuskan program promosi untuk transaksi mobile banking.

Baca Juga: Hendak registrasi dan aktivasi Mandiri Online? Begini caranya

Tidak mau kalah, PT Bank OCBC NISP Tbk melalui aplikasi ONe Mobile juga mendorong pembukaan rekening tabungan secara daring. Head of Strategy and Innovation Bank OCBC NISP Ka Jit menuturkan saat ini jumlah pembukaan rekening daring OBC NISP tercatat sudah di atas 5.000 rekening per bulan.

Walau tidak merinci secara detail, dia menyebut secara tahunan jumlah rekening daring sudah naik sekitar 40%. "Peningkatan DPK tetap akan menjadi fokus, melalui aktivasi tabungan dan peningkatan penggunaan channel digital kami," ungkap dia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×