kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pinjaman digital BRI tumbuh pesat di tengah pandemi Covid-19


Rabu, 13 Mei 2020 / 12:11 WIB
Pinjaman digital BRI tumbuh pesat di tengah pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Direktur Konsumer Bank Rakyat Indonesia (BRI) Handayani?saat BRI Europe Travel Fair di Atrium Senayan City, Jakarta (27/02/2020).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerapan physical distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain, dan mengurangi kontak tatap muka langsung di tengah pandemi Covid-19 telah berdampak  pada penurunan ekonomi di berbagai sektor. Akibatnya, banyak yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Melihat kondisi itu, Bank BRI memberikan kemudahan fasilitas pinjaman melalui beberapa inisiatif layanan digital, yaitu produk pinjaman digital CERIA dan Paylater Card.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, produk CERIA dan Traveloka Paylater Card mencatatkan kenaikan pengguna pada bulan April sebesar 28% . Sedangkan transaksinya meningkat 53% dan volume penjualan tumbuh 30% dibandingkan bulan Maret 2020.

"Kami berkomitmen agar masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan belanja dengan mudah dari rumah melalui layanan dan fasilitas digital yang kami sediakan, selain itu BRI juga memberikan program potongan harga hingga Rp 2 juta di beberapa e-commerce dan merchant kerjasama,” jelas Handayani dalam keterangan resminya, Rabu (13/5).

CERIA merupakan produk pinjaman digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kemudahan untuk pembiayaan transaksi melalui e-commerce dengan limit hingga Rp 20 juta. Produk ini telah menggunakan teknologi digital verification, credit scoring, dan digital signature. Prosesnya hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.

Baca Juga: BCA dan BRI sambut baik penangguhan pembayaran iuran LPS selama 6 bulan

Sementara Traveloka Paylater Card merupakan kolaborasi BRI dengan Traveloka Paylater yang menghadirkan ekosistem pembayaran digital yang komprehensif. Pendaftaran Traveloka PayLater Card dapat dilakukan dengan mudah di rumah dan verifikasi yang cepat. Persetujuan atas aplikasi dilakukan melalui proses penilaian kredit yang efisien dan canggih.

Pengguna dapat mengaktifkan dan mengelola Traveloka PayLater Card mereka melalui aplikasi Traveloka, serta bertransaksi di merchant online dan offline di lebih dari 53 juta lokasi merchants di seluruh dunia yang menerima pembayaran dengan Visa.

Handayani menambahkan, Bank BRI telah menyiapkan platform-platform digital yang siap untuk dikolaborasikan dengan partner-partner kerjasama seperti Gojek, Grab, dan partner lainnya. Saat ini Bank BRI telah menghadirkan fasilitas pinjaman kredit ringan mulai dari Rp 5 juta hingga 20 juta rupiah bagi mitra terpilih yang sudah dilakukan prescreening terlebih dahulu oleh Gojek dan Grab.

Pemberian pinjaman bunga ringan ini merupakan salah satu upaya Bank BRI untuk membantu UMKM dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan penilaian kebutuhan mitra Gojek dan Grab tersebut.

Baca Juga: BRI turunkan bunga kartu kredit, berikut rinciannya

“Sejak program berjalan pada bulan April 2020, antusiasme mitra sangat positif dengan take-up-ratio (rasio pengajuan terhadap penawaran) 80%. Kami optimis dapat membantu lebih dari 250.000 mitra dalam masa pandemi ini. Harapan kami dengan adanya kerja sama ini mampu meningkatkan penetrasi produk dan layanan berbasis digital BRI serta membantu pelaku usaha UMKM yang terdampak agar dapat tetap menjalankan aktivitas usahanya,” tutup Handayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×