kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi besar, begini strategi DanaLaut untuk dorong pinjaman ke luar Pulau Jawa


Selasa, 10 September 2019 / 15:39 WIB
Potensi besar, begini strategi DanaLaut untuk dorong pinjaman ke luar Pulau Jawa
ILUSTRASI. Ilustrasi Fintech


Reporter: Agustinus Respati | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Seva Kreasi Digital alias DanaLaut terus berupaya untuk mendorong penyaluran pembiayaan ke luar Pulau Jawa. Bahkan, perusahaan ini punya strategi khusus untuk mendorong pembiayaan di luar Jawa. 

"Untuk mendorong pinjaman ke luar Jawa, pelaku fintech harus tahu dengan baik kondisi lapangan di sana. Edukasi juga perlu diberikan pada calon peminjam. Sebenarnya, potensi besar justru ada di luar Pulau Jawa," kata Direktur Utama DanaLaut Niko Ariansyah.

Menurut Niko, beberapa strategi yang disiapkan DanaLaut adalah dengan field officer yang berasal dari daerah setempat untuk mengawasi sekaligus memberikan pembinaan kepada mitra di daerah.

Baca Juga: DanaLaut hadirkan marketplace “JaringLaut” untuk komoditas rumput laut dan garam

Selain itu, pihaknya rutin memberi pelatihan pengelolaan keuangan juga pengenalan akses pasar dan penjualan untuk peminjam. Harapannya kapasitas dari para peminjam akan meningkat.

Untuk itu, DanaLaut telah meluncurkan marketplace dengan nama JaringLaut. Produk ini sudah meluncur sejak akhir Juli lalu, tetapi aplikasinya masih berada dalam beta testing.

"Kami yakin akan memperluas sebaran pinjaman kami ketika marketplace komoditas kelautan yang kami garap berjalan lancar," tambah dia.

Sebagai informasi, DanaLaut menargetkan penyaluran pinjaman sebesar Rp 50 miliar sampai akhir 2019. Saat ini sebanyak 35% dari porsi portofolio DanaLaut ada di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: DanaLaut akan gandeng lembaga penjaminan kredit dalam bisnisnya

Asal tahu saja, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat per Juli 2019 jumlah pinjaman fintech ke luar Pulau Jawa sebesar Rp 7,04 triliun. Angka ini naik 131,20% secara year to date (ytd).

Pada Januari 2019, jumlah pinjaman ke luar Pulau Jawa masih berada di kisaran Rp 3,04 triliun. Meskipun naik drastis, pinjaman ke luar Pulau Jawa masih tergolong mini jika dibandingkan total pinjaman keseluruhan yang bernilai Rp 49,79 triliun per Juli 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×