kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih pendanaan seri B, Amartha akan ekspansi ke seluruh Indonesia


Selasa, 26 November 2019 / 15:51 WIB
Raih pendanaan seri B, Amartha akan ekspansi ke seluruh Indonesia
ILUSTRASI. Ilustrasi Amartha.KONTAN/Fransiskus Simbolon/18/04/2019


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemain fintech peer to peer (P2P) lending PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha mengumumkan mendapatkan pendanaan seri B yang diinisiasi oleh Line Ventures. Pendanaan ini juga didukung oleh Bamboo Capital Partners, UOB Venture Management, PT Teladan Utama, dan PT Medco Intidinamika.

“Saat ini Amartha telah menyalurkan pendanaan Rp 1,6 triliun kepada lebih dari 343 ribu mitra di 5,200 desa di Jawa dan Sulawesi. Pendanaan seri B ini akan Amartha gunakan untuk ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia agar dapat memberdayakan lebih banyak lagi perempuan dan keluarga di pedesaan,” ujar Andi Taufan Garuda Putra, Pendiri dan CEO Amartha dalam siaran persnya, Selasa (26/11).

Baca Juga: Sesuai aturan, seorang staf khusus mendapat hak keuangan sebesar Rp 51 juta

Ia menyebut dengan pendanaan ini, Amartha ingin memberikan pinjaman kepada perempuan pra sejahtera hingga ke seluruh pelosok negeri.Lantaran saat ini Amartha baru menyasar pendanaan di Jawa dan Sulawesi.

Amartha juga berharap dapat mempercepat inklusi keuangan melalui inovasi keuangan digital dan mewujudkan kesejahteraan merata bagi Indonesia.

Amartha mengembangkan platform teknologi dan algoritma guna mengotomatiskan aspek operasional, layanan dan sistem penilaian kredit yang akurat dan aman. Selain itu, Amartha mengimplementasikan sistem tanggung renteng kepada para mitra Amartha guna membangun kohesi sosial dan menekan angka gagal bayar.

Baca Juga: Tujuh staf khusus milenial Jokowi wajib lapor kekayaan? Ini jawaban KPK

“Amartha memiliki misi untuk menjembatani kesenjangan akses keuangan di pedesaan Indonesia, yang kurang terlayani dan terabaikan. Dengan tim manajemen Amartha yang solid dan selalu berusaha keras untuk memenuhi standar tertinggi peraturan otoritas, ditambah dengan kekuatannya dalam teknologi dan operasional, Amartha berada dalam posisi yang baik untuk memelihara dan mempromosikan kesejahteraan sosial ekonomi yang lebih sehat di seluruh negeri,” tutur James Lim, Direktur Investasi LINE Ventures.

Founder & Managing Partner at Bamboo Capital Partners, Jean-Philippe de Schrevel juga merasa bangga menambahkan Amartha ke dalam portofolio inklusi keuangannya karena membawa pendekatan baru dan unik untuk distribusi modal usaha kepada pengusaha mikro perempuan di Indonesia.

“Melalui platform teknologi miliknya, Amartha menghubungkan antara peminjam berkualitas tinggi dari desa dengan pendana dari kota, sehingga membuat layanan keuangan lebih mudah diakses dan menciptakan peluang bisnis baru bagi kliennya. Investasi ini semakin memperkuat kepemimpinan Bamboo dalam membiayai lembaga keuangan yang inovatif dan berdampak sosial", ujarnya.

Baca Juga: Pendiri dan CEO Amartha Andi Taufan jadi staf khusus presiden, ini kiprahnya

Fund Manager Bamboo Capital Partners, Bernhard Eikenberg melihat peluang signifikan bagi Amartha untuk ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia. Ia menyebut dengan rekam jejak Bamboo dalam berinvestasi di perusahaan sejenis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×