kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebanyak 7 bank dikabarkan sepakati skema restrukturisasi dengan Duniatex


Kamis, 12 September 2019 / 22:02 WIB
Sebanyak 7 bank dikabarkan sepakati skema restrukturisasi dengan Duniatex
ILUSTRASI. Pabrik tekstil Duniatex Group


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sejumlah bank diketahui telah menyepakati skema restrukturisasi dengan Duniatex Group. Padahal kini enam entitas Dunitex baru saja diajukan untuk menjalani proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Sumber Kontan.co.id yang terlibat dalam upaya restrukturisasi namun enggan disebut identitasnya mengatakan, setidaknya sudah ada tujuh bank yang telah menyepakati skema restrukturisasi.

“Ada enam atau tujuh bank yang sudah sepakat restrukturisasi. Total nilai tagihannya mencapai Rp 4 triliun,” katanya kepada Kontan.co.id, Kamis (12/9).

Baca Juga: Anak Usaha Duniatex Gagal Membayar Bunga Obligasi premium

Jika PKPU dikabulkan, ia bilang skema restrukturisasi tersebut akan ikut masuk dalam proposal perdamaian, yang juga akan berisi opsi restrukturisasi terhadap seluruh kreditur Duniatex yang tagihannya diakui di muka pengadilan.

Permohonan PKPU sendiri diajukan oleh PT Shine Golden Bridge terhadap enam entitas Duniatex Group. Perkara terdaftar dengan nomor 22/Pdt.Sus-PKPU/2019/PN Niaga Smg di Pengadilan Niaga Semarang Rabu (11/9).

Sedangkan enam entitas Duniatex tersebut adalah PT Delta Merlin Dunia Textile (DMDT), PT Delta Dunia Textile (DDT), PT Delta Dunia Sandang Textile (DDST), PT Delta Merlin Sandang Textile (DMST), PT Dunia Setia Sandang Asli Textile (DSSAT), dan PT Perusahaan Dagang dan Perindustrian Damai alias Damaitex.

Sementara sejumlah bank yang jadi kreditur Duniatex mengaku memang telah meneken kesepakatan restrukturisasi. Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Supari mengafirmasi hal ini, ia bilang perseroan telah menyetujui skema restrukturisasi yang ditawarkan Duniatex.

“BRI sudah menyetujui skema restrukturiasi. Skemanya berupa perpanjangan jangka waktu, penurunan suku bunga, dan penjualan aset,” kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Ritel dan Menengah BRI Ini.

Baca Juga: Diajukan PKPU, Duniatex minta perdagangan obligasi US$ 300 juta distop sementara

Bank dengan aset terbesar di tanah air ini sendiri punya total eksposur kredit ke Duniatex senilai Rp 1,8 triliun. Sedangkan nilai jaminan yang dimiliki BRI sebesar 127% dari eksposur kreditnya.




TERBARU

[X]
×