kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah modal, Bank Mayapada buka opsi private placement buat Cathay Life


Kamis, 16 Juli 2020 / 18:06 WIB
Tambah modal, Bank Mayapada buka opsi private placement buat Cathay Life
ILUSTRASI. Kantor cabang utama Bank Mayapada, di Mayapada Tower, Sudirman, Jakarta (2/11/2016). Bank Mayapada membuka opsi private placement untuk mengakomodasi rencana penambahan modal Cathay Life Insurance. KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Bank Mayapada Tbk (MAYA) Hariyonoo Tjahrijadi menyatakan perseroan membuka opsi untuk menggelar aksi penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu alias private placement untuk mengakomodasi rencana penambahan modal Cathay Life Insurance.

“Kalau melihat opsi yang bisa dilakukan di pasar, kemungkinan bisa dilakukan melalui private placement di akhir tahun,” katanya di Jakarta, Kamis (16/7).

Baca Juga: Bukan suku bunga acuan, ini instrumen yang paling efektif genjot ekonomi menurut BI

Asal tahu, perseroan sejatinya juga tengah menggodok aksi penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu alias rights issue. Targetnya aksi ini akan pada kuartal IV-2020 dengan menerbitkan 2,27 miliar saham untuk menghimpun Rp 4,5 triliun.

Pengendali terakhir perseroan yaitu Dato Sri Tahir telah menyetor seluruh target penghimpunan dana rights issue tersebut. Rp 1 triliun disetor secara tunai, sedangkan sisa Rp 3,5 triliun disetor dari hasil penjualan aset properti milik sejumlah perusahaan Tahir.

Hariyono menambahkan saat ini Cathay juga telah merampungkan uji tuntas alias due diligence terhadap rencana penambahan modalnya.

“Belum ada pembicaraan terkait komposisi, jumlah saham yang akan diambil. Kami juga tidak mau terlalu banyak bicara soal itu, karena bukan ranah kami. Intinya sekarang masih berlangsung pembicaraan dengan OJK, Cathay, dan PSPT (Pemegang Saham Pengendali Terakhir),” kata Hariyono.

Baca Juga: Ekonom sebut Indonesia harus bersiap diri dari ancaman resesi

Asal tahu, Cathay telah menjadi salah satu pengendali Bank Mayapada sejak 2016, berkat membeli 15,10% saham perseroan yang dimiliki Brilliant Bazzar Pte Ltd. Pascatransaksi, Cathay kemudian mengempit 40% kepemilikan saham Bank Mayapada.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×