kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usai sistem error, masih ada 1% saldo "nyasar" Bank Mandiri yang belum kembali


Kamis, 29 Agustus 2019 / 22:42 WIB
Usai sistem error, masih ada 1% saldo
ILUSTRASI. Nasabah mendatangi Bank Mandiri Cabang Tegal saat terjadi kekacauan data saldo tabungan


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk sudah hampir menyelesaikan masalah saldo rekening nasabah akibat kesalahan sistem jaringan beberapa waktu lalu.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, saldo yang sebelumnya masuk ke rekening nasabah secara tiba-tiba, sudah kembali 99%.

"Jadi, tinggal kecil sekali yang belum kembali. Sekarang sisanya sudah tinggal puluhan juta saja dari bulan lalu miliaran, tinggal hanya beberapa orang," kata Rohan, Rabu (28/8).

Meski belum kembali 100%, Bank Mandiri sudah menganggap masalah tersebut sudah selesai. Namun, nasabah yang belum mengembalikan saldo "nyasar" tetap ditagih melalui sambungan telepon maupun bertandang langsung ke rumahnya.

Bank Mandiri tidak menargetkan, kapan saldo bisa kembali 100 persen. Sebab, menurut Rohan, ada beberapa nasabah yang sakit dan berada di luar negeri sehingga membuat pengembalian saldo terhambat.

Selain itu, profil rekening nasabah beragam. Mulai rekening dengan aktivitas tinggi sampai rekening nonaktif. "Kami tidak tergesa, karena ada nasabah yang sibuk, yang sakit, yang di luar negeri. Kita hanya tunggu saja," imbuh Rohan.

Sebetulnya, Rohan bilang, Bank Mandiri bisa menarik dana dengan debet langsung dari rekening nasabah. Tapi, karena hal tersebut merupakan kesalahan sistem, Bank Mandiri mesti berpegang pada asas kesopanan.

Akhirnya, pengembalian saldo harus nasabah sendiri yang melakukannya. Kendati demikian, Rohan menegaskan, tidak ada kekhawatiran jika nasabah tak mengembalikan saldo.

Bank Mandiri percaya penuh pada nasabah yang tidak akan lari ke mana-mana. "Kemarin dalam satu bulan saja cepet banget baliknya yang Rp 10 miliar itu, jadi ini pasti (balik)," ujar Rohan.

Sebelumnya, telah terjadi kesalahan pada sistem Bank Mandiri. Kesalahan sistem ini membuat 10% nasabah Bank Mandiri mendapati nominal uang pada rekeningnya bertambah dan berkurang.

Bahkan, sekitar 2.600 rekening yang saldonya bertambah akhirnya melakukan penarikan tunai. Dari 2.600 rekening tersebut, sebanyak 10% belum mengembalikan saldo dengan total dana senilai Rp 10 miliar.

Penulis: Fika Nurul Ulya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Sistem Error, 99 Persen Saldo "Nyasar" Bank Mandiri Sudah Kembali"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×