: WIB    --   
indikator  I  

Bandingkan dulu sebelum mengambil kredit

Bandingkan dulu sebelum mengambil kredit

Kabar baik bagi Anda yang butuh pinjaman dari institusi keuangan terpercaya dan malas mengunjungi kantor bank atau perusahaan pembiayaan. Sejumlah situs e-commerce pembanding produk keuangan telah hadir di Tanah Air. Cara kerja situs pembanding ini ibarat supermarket keuangan.

Misal, Anda tertarik membeli rumah dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika mengunjungi www.kreditgogo.com , dan meng-klik kanal KPR, Anda akan menemukan sekitar 13 produk KPR dari berbagai bank terkemuka di Tanah Air. Selain menampilkan bunga dari berbagai produk bank, situs supermarket keuangan juga mencantumkan simulasi kredit berupa jumlah pinjaman, total pembayaran dan cicilan bulanan.

Tiga faktor ini bisa berubah, seiring jumlah KPR atau tenor KPR yang Anda pilih. “Perbandingan bunga dan simulasi yang tertera di situs bisa dijamin kebenarannya karena kami selalu mengupdate informasi dari berbagai bank dan perusahaan pembiayaan setiap hari,” ujar Edward Gan, Co-Founder dan CEO KreditGoGo.

Selain memberikan perbandingan produk keuangan, KreditGoGo juga memberikan edukasi berupa artikel keuangan. Sebab, Edward bilang, kendala masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan produk keuangan adalah pemahaman yang rendah terhadap produk keuangan itu sendiri.

Atas dasar itulah, situs e-commerce keuangan getol memberikan edukasi keuangan secara gratis. KreditGoGo juga berencana membentuk forum komunitas yang bisa menjadi tukar menukar informasi antara sesama anggota KreditGoGo. 

Cara kerja situs supermarket keuangan ini mudah. Anda tinggal membandingkan produk, memilih, dan selanjutnya mengisi formulir aplikasi. Selanjutnya, situs akan menelpon Anda untuk memverifikasi data. Kemudian, situs akan memberikan data Anda pada pihak bank atau pembiayaan untuk diproses lebih lanjut. "Kami menjamin data konsumen tidak bocor," klaim Edward. 

Saat ini, KreditGoGo telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan pembiayaan. Yakni, Sinar Mitra Sepadan (SMS) Finance, Star Finance, Pan Pacific Insurance dan First Indo Finance. "Target kami bisa bekerja sama dengan lima bank besar di Indonesia hingga akhir tahun nanti," ujar Edward.

Berdasaran penelusuran KONTAN, setidaknya ada empat situs pembanding produk keuangan di Indonesia yang bisa memudahkan Anda memilih pinjaman perbankan. Empat situs tersebut adalah www.kreditgogo.comwww.halomoney.co.id,www.kreditaja.com, dan www.imoney.co.id.  



Reporter Dessy Rosalina
Editor Dessy Rosalina

PERBANKAN ONLINE

Feedback   ↑ x