kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA siapkan Rp 8,25 triliun untuk bisnis Go Green


Rabu, 12 Juli 2017 / 19:27 WIB
BCA siapkan Rp 8,25 triliun untuk bisnis Go Green


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen melanjutkan prinsip Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2015 lalu. Program ini mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) dalam keseharian operasional bank.

Program pilot project bertajuk ‘First Movers on Sustainable Banking’ ini ditutup di Bali hari ini, Rabu (12/7). Di sela acara, Direktur BCA Rudy Susanto mengungkapkan, komitmen BCA akan diwujudkan dengan meningkatkan porsi pembiayaan di sejumlah sektor seperti produk ramah lingkungan, konservasi energi, dan pertanian organik.

“Sehubungan dengan Keuangan Berkelanjutan, total komitmen BCA per 31 Mei 2017 mencapai Rp 8,25 triliun," kata Rudy dalam rilis yang diterima KONTAN, Rabu (12/7). Meski begitu, BCA akan tetap melihat pertumbuhan bisnis dan kelayakan kredit sektor tersebut dalam penyaluran kredit.

Rudy menambahkan, perbankan perlu mengadaptasikan diri dengan prinsip keuangan berkelanjutan karena manfaat bisnisnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

“Kami memasukkan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) dalam pembuatan proposal kredit dan menganalisa credit risk rating untuk menentukan kelayakan kredit debitur. Pendanaan kredit juga kami prioritaskan untuk mengembangkan produk dan layanan ramah lingkungan yang sesuai standar internasional,“ ujarnya.

Tidak hanya pengembangan bisnis yang ramah lingkungan, BCA juga mendorong seluruh karyawan dan manajemen BCA menerapkan prinsip Reuse, Reduce, dan Recycle dalam menjalankan aktivitas operasional sehari-hari. Sejumlah inisiatif rutin dijalankan diantaranya mematikan lampu dan monitor komputer saat jam istirahat, gunakan tumbler saat meeting, serta budayakan printing dua sisi untuk segala macam dokumen.

“Lingkungan dan iklim yang sehat dapat mendorong laba yang solid dan berkelanjutan. Oleh karena itu, BCA menjadikan prinsip Reuse, Reduce, dan Recycle sebagai budaya yang mengakar yang juga merupakan bentuk dukungan kami terhadap gerakan nasional Go Green,” tutup Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×