kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI syariah salurkan pembiayaan mikro untuk rekanan GrabFood


Kamis, 09 Agustus 2018 / 15:17 WIB
BRI syariah salurkan pembiayaan mikro untuk rekanan GrabFood
ILUSTRASI. Direksi BRI Syariah


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Agung Jatmiko

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grab, aplikasi penyedia jasa transportasi dan bisnis online to offline (O2O) raksasa di Asia Tenggara mengumumkan kerja sama strategis dengan PT Bank BRI syariah Tbk. Melalui kerja sama ini, Grab bersama dengan BRI Syariah memberikan fasilitas pembiayaan faedah mikro kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) kuliner yang tergabung dalam rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta.

Perjanjian kerja sama ini ditandangani oleh Widodo Januarso, Direktur Bisnis Ritel PT Bank BRI Syariah dan Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia yang disaksikan oleh manajemen BRI Syariah dan manajemen Grab Indonesia.

Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Widodo Januarso mengatakan keberadaan GrabFood sebagai salah satu penyedia layanan pengantaran makanan dan minuman dengan sistem door-to-door kini semakin populer di kalangan masyarakat, terutama sebagai sebuah kemudahan dalam menikmati jajanan kuliner hanya dengan satu sentuhan dan harga yang terjangkau. Pihaknya berharap, melalui kerja sama ini, BRI Syariah dapat memberi nilai tambah bagi mitra GrabFood.

Fasilitas pembiayaan faedah mikro saat ini tersedia bagi rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta di mana mereka akan mendapatkan akses pembiayaan dari BRI Syariah melalui dua skema, yaitu pembiayaan faedah mikro dengan maksimum plafon sampai dengan Rp 200 Juta dengan skema jual beli (murabahah) dan sewa dengan jangka waktu hingga 5 tahun. Selain itu, mitra GrabFood juga akan mendapat keuntungan lebih, bagi yang memiliki agunan akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan minimum 70%.

Ridzki mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan bank BRI Syariah yang telah memiliki rekam jejak positif dan merupakan satu-satunya bank syariah yang dapat menyalurkan subsidi kredit usaha rakyat (KUR) syariah bagi tenaga kerja sektor informal di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dan membantu mengembangkan bisnis kuliner mereka,” ujarnya dalam rilis yang diterima kontan.co.id, Kamis (9/8).

Grab akan merekomendasikan rekanan GrabFood yang telah bergabung dalam platform Grab selama lebih dari 3 bulan dan memiliki transaksi aktif lebih dari 100 kali kepada Bank BRIsyariah. Selanjutnya, Bank BRI Syariah akan menentukan merchant mana yang dapat memperoleh fasilitas pembiayaan dengan skema KUR syariah.

“BRI Syariah menjadi bank syariah pertama yang memberikan pembiayaan faedah mikro bagi mitra GrabFood. Melalui skema ini, rekanan GrabFood akan mendapatkan beragam kemudahan. Fasilitas ini memberikan keuntungan sebagai upaya mendukung UMKM rekanan GrabFood dalam mengembangkan usaha mereka.” jelas Widodo.

Sebagai informasi saja saat ini, Grab memiliki 60.000 outlet rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh ndonesia dengan outlet rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta akan medapat akses fasilitas pembiayaan dari Bank BRI Syariah.

Wilayah operasional GrabFood saat ini telah mencakup 28 kota di seluruh Indonesia yang diantaranya mencakup Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Solo, Manado, Batam, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Pekanbaru, Balikpapan, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi, dan Cimahi.

Sementara itu, aplikasi Grab telah diunduh di lebih dari 90 juta perangkat bergerak dan didukung oleh 2,7 juta mitra pengemudi di seluruh Asia Tenggara di 207 kota di 8 negara, termasuk Indonesia di mana Grab melayani pengguna di 125 kota, mulai dari Banda Aceh, Aceh hingga Jayapura, Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×