kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,77   5,31   0.58%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Lebaran, BTN prediksi transaksi RTGS dan Kliring naik


Rabu, 23 Mei 2018 / 15:38 WIB
Jelang Lebaran, BTN prediksi transaksi RTGS dan Kliring naik
ILUSTRASI. Bank BTN


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bankir memperkirakan, transaksi sistem kliring nasional (SKN) dan real time gross settlement (RTGS) bakal meningkat pada Juni mendatang. Potensi peningkatan transaksi kerap terjadi pada momen Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

Salah satunya, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang mengatakan, peningkatan transaksi ini sebenarnya sudah mulai terjadi dan diperkirakan pada bulan Juni 2018 kenaikannya dapat meningkat hingga 20% sampai 24% dibanding bulan sebelumnya.

"Transaksi sudah mulai meningkat dan diperkirakan akan terjadi kenaikan sekitar 20% sampai 24% dari bulan sebelumnya, terkait peningkatan transaksi nasabah dan penyaluran THR bagi PNS," ujar Direktur Konsumer Bank BTN Budi Satria kepada Kontan.co.id, Rabu (23/5)

Adapun saat ini menurut Budi, rata-rata transaksi RTGS bank spesialis kredit perumahan ini tercatat sebanyak 35.000 transaksi dengan nominal menapai Rp 250 triliun.

Selain RTGS, transaksi SKN juga tercatat cukup tinggi mencapai 400.000 transaksi dengan nominal menyentuh Rp 12 triliun.

Pihak BTN pun menyambut baik potensi peningkatan transaksi tersebut. Sayangnya, Budi belum dapat merinci besaran kenaikan transaksi tersebut.

Wajar, lewat transaksi menggunakan RTGS dan SKN perbankan memang dapat meraup pendapatan berbasis komisi atau fee based income lebih tinggi untuk kedua transaksi tersebut dari pembebanan biaya transaksi RTGS maupun kliring.

"Transaksi RTGS dan SKN kliring BTN terdiri dari transaksi nasabah dan transaksi keuangan pemerintah yang disalurkan melalui BTN," ungkap Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×