kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maybank Indonesia sediakan layanan untuk mendukung penggunaan mata uang kawasan


Rabu, 21 Februari 2018 / 22:16 WIB
Maybank Indonesia sediakan layanan untuk mendukung penggunaan mata uang kawasan
ILUSTRASI. Bank Maybank Indonesia


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mendorong penggunaan mata uang kawasan dalam perdagangan internasional terutama ASEAN,  PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menyelenggarakan forum bertema Malaysia-Indonesia Bilateral Trade through Local Currency Settlement Arrangement. Maybank Indonesia merupakan salah satu dari enam bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) yang ditunjuk Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia untuk memfasilitasi transaksi bilateral rupiah-ringgit dalam rangka local currency settlement (LCS),

Forum yang dihadiri sekitar 65 nasabah Maybank Indonesia yang bergerak di bidang ekspor dan impor. Hal ini juga sebagai tindak lanjut kerjasama antara Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand yang telah menandatangani nota kesepahaman untuk membentuk kerangka kerja sama dalam mendorong penyelesaian perdagangan bilateral dan investasi langsung dalam mata uang lokal (local currency settlement). Kerangka kerja sama ini akan membantu penggunaan mata uang lokal di kawasan ASEAN dan mendorong pengembangan lebih lanjut pasar keuangan regional dalam mendukung integrasi ekonomi dan keuangan yang lebih luas.

Dalam rangka memfasilitasi kerangka kerja LCS, Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand telah menunjuk beberapa bank yang memenuhi kualifikasi utama untuk memfasilitasi transaksi bilateral. ”Sebagai bank yang dipercaya menjadi salah satu Appointed Cross Currency Dealer, kami berkomitmen untuk mendukung perdagangan bilateral dalam mata uang lokal selaras dengan misi humanising financial services, yakni dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan Maybank Group,” kata I Made Budhi P. Artha Head, Global Market & Corporate Treasury, Maybank Indonesia dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (21/2).

Dalam pelaksanaannya Maybank Indonesia akan menyediakan layanan yang mendukung LCS, yakni pembukaan giro dalam denominasi ringgit Malaysia (MYR) di Maybank Indonesia, pengiriman uang (remittance) MYR/IDR (incoming & outgoing), menjadi bank koresponden remittance MYR/IDR, trade financing dalam mata uang MYR/IDR dalam rangka investasi, direct quotation MYR/IDR dan transaksi spot, forward atau swap MYR/IDR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×