kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mobil bekas jadi andalan multifinance


Rabu, 07 Maret 2018 / 12:05 WIB
Mobil bekas jadi andalan multifinance
ILUSTRASI. Sentra Pasar Mobil Bekas Kemayoran, Jakarta


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembiayaan mobil bekas dinilai masih punya potensi menjanjikan. Multifinance banyak mengandalkan segmen mobil bekas menggenjot penyaluran kredit.

PT Clipan Finance Indonesia misalnya. Dari penyaluran kredit sebesar Rp 8,4 triliun di tahun lalu, separuhnya berasal dari pembiayaan mobil bekas. Dengan masih mengandalkan segmen mobil bekas ini, Direktur Clipan Finance Engelbert Rorong optimistis, penyaluran kredit perusahaan ini meningkat dua digit di tahun ini. "Ditambah dengan penguatan jaringan," kata dia.

PT BFI Finance Indonesia menilai pasar mobil bekas tetap punya segmen di saat penjualan mobil baru meningkat. Tahun ini, BFI Finance memproyeksikan penyaluran pembiayaan naik 20%. Sementara di 2017, BFIN mencatatkan booking Rp 14,3 triliun.

BFI Finance memperluas jaringan dengan membuka 40 outlet baru. Direktur BFI Finance Sudjono mengatakan, akan masuk bisnis pembiayaan syariah di kuartal I-2018.

PT Andalan Finance Indonesia pun mengandalkan segmen pembiayaan mobil bekas. President Director Andalan Finance Frans F Rundengan menyebut, sepanjang 2018 mengincar penyaluran dana Rp 4,8 triliun, atau naik 8% secara tahunan.

"Satu strategi kami memperkuat pembiayaan mobil bekas dengan usia tertentu dan meningkatkan volume penjualan di kantor cabang yang ada," kata Frans, Selasa (6/3). Di 2017, dari total pembiayaan Rp 4,4 triliun, sebanyak 72% berasal dari mobil bekas. Sisanya merupakan pembiayaan mobil baru.

PT BCA Finance optimistis pembiayaan mobil bekas punya prospek cerah. Deputi Direktur Mobil Bekas BCA Finance Suwandi Halim menyebut, telah menjalin kerjasama dengan Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua. Hasil kolaborasi itu menyumbang 15% dari total omzet BCA Finance di mobil seken.

Keduanya melanjutkan kerjasama dengan membuka bursa mobil bekas di Karawang pada Maret 2017. BCA Finance menawarkan pembiayaan bunga murah untuk menarik minat konsumen.

Agar terhindar dari risiko kredit macet , BCA Finance menyeleksi nasabahnya dengan ketat. Dengan proses itu, penyaluran kredit pun bisa secepat mungkin terjadi. Hasilnya, rasio kredit macet lebih kecil dari rata-rata di industri yang di atas 3%. "Kami masih di bawah 2%," kata Suwandi.

BCA Finance memasang bunga 8% untuk tenor tiga tahun bagi mobil bekas. Pembiayaan mobil bekas berkontribusi 35% dari total pembiayaan BCA Finance di 2017 yang mencapai Rp 33,6 triliun di 2017.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×