: WIB    —   
indikator  I  

MUFJ Financial berburu akusisi bank di Indonesia

MUFJ Financial berburu akusisi bank di Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG Group) berkeinginan untuk melakukan akusisi bank di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan mengambil alih saham mayoritas bank di Indonesia.

Mengutip Bloomberg, rencana ini disampaikan oleh CEO Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd Kanetsugu Mike. Dalam keterangannya Mike bilang rencana akusisi bank di Indonesia merupakan bagian dari pertumbuhan anorganik di Asia dan Amerika Serikat.

Terkait rencana akusisi beberapa bank ini di Asia dan Amerika Serikat ini, Mitsubishi UFJ Financial Group mengaku akan menganggarkan dana sebesar 100 miliar yen atau US$ 893,4 miliar.

Rencana MUFG Group dilakukan karena turunnya pendapatan bunga di dalam negeri. Selain itu populasi di Jepang juga terus menurun.

Terkait rencana ini, regulator perbankan Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku belum mendapatkan informasi terkait rencana ini.

"Sampai saat ini belum ada rencana aksi korproasi yang diajukan bank terkait hal ini kepada OJK," kata Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK kepada KONTAN, Senin (16/10).

Terkait dengan bagaimana rencana Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG Bank) di Indonesia ke depannya, Heru juga belum bisa memastikan. Hal ini karena OJK masih akan melihat rencana bisnis bank (RBB) dari bank bersangkutan.

Sebagai informasi, saat ini MUFG Bank memiliki dua kepemilikan di perbankan Indonesia. Pertama adakah bank asing yaitu Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd. Selain itu MUFG Group juga memiliki satu bank lain yaitu PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk.

Tercatat Bank Nusantara Parahyangan dimiliki oleh Acom Co Ltd sebesar 66,15% sedangkan The Bank Of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd memiliki 9,35% saham bank berkode BBNP ini. Acom Co Ltd tercatat masih terafiliasi dengan MUFG Bank.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Dessy Rosalina

AKUISISI BANK

Feedback   ↑ x
Close [X]