kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Revisi perubahan masa berlaku izin wakil manajer investasi disambut positif


Minggu, 08 April 2018 / 23:48 WIB
Revisi perubahan masa berlaku izin wakil manajer investasi disambut positif
ILUSTRASI. Reksadana baru Avrist Asset Management


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah manajer investasi menyambut positif adanya rencana Otoritas Jasa Keuangan mengubah masa berlaku izin wakil manajer investasi lewat revisi Peraturan OJK No. 25/POJK.04/2014 tentang Perizinan Wakil Manajer Investasi.

Dalam pasal 9 yang terdapat dalam draf revisi peraturan tersebut tertulis bahwa izin wakil manajer investasi mempunyai masa berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang. Adapun masa berlaku izin wakil manajer investasi yang diterapkan saat ini adalah 2 tahun.

Head of Investment Avrist Asset Management, Farash Farich menilai, langkah OJK dalam mengubah regulasi masa berlaku izin wakil manajer investasi sudah sejalan dengan upaya memajukan industri reksadana itu sendiri.

Bertambahnya masa berlaku izin wakil manajer investasi membuat orang-orang yang menduduki posisi tersebut tidak terlalu sering berhadapan dengan urusan perizinan, sehingga mempengaruhi program kerja yang dijalaninya. “Untuk manajer investasi proses perizinannya menjadi lebih efisien,” kata Farasch, Minggu (8/4).

Sementara itu, Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management, Reza Fahmi Riawan tidak mempermasalahkan adanya rencana penambahan masa berlaku izin wakil manajer investasi.

Malah menurutnya, peraturan yang ada saat ini sebenarnya sudah cukup mampu menjaga kualitas para wakil manajer investasi di Indonesia.

Namun, ia menilai, OJK juga perlu meningkatkan edukasi kepada wakil manajer investasi seperti berupa sertifikat profesi hingga pengetahuan seputar perkembangan pasar agar kualitasnya meningkat. “Kinerja manajer investasi akan meningkat jika diberi pelatihan dan pendidikan lanjutan,” kata Reza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×