kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,05   -17,44   -1.89%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa sudah 100% e-toll


Minggu, 01 Oktober 2017 / 15:40 WIB
Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa sudah 100% e-toll


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), seluruh Gerbang Tol di Ruas Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa) hanya akan melayani pembayaran non-tunai mulai 1 Oktober 2017.

Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga mengatakan proses menuju implementasi pembayaran tol 100% secara non tunai pada jalan tol ini sudah dilakukan secara bertahap pada beberapa gerbang tol mulai 17 September 2017 lalu.

Jasa Marga sebagai operator tol sepanjang 34 Km itu telah melakukan sosialisasi dan kampanye besar-besaran menjelang penghapusan transaksi tunai di seluruh gerbang tolnya.

"Selain itu, Jasa Marga telah memastikan ketersediaan alat top-up dan Gerbang Tol Otomatis (GTO) harus laik fungsi." kata Heru dalam keterangan resminya, Minggu (1/10).

Selain penyiapan infrastruktur, Jasa Marga telah bekerjasama dengan Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara dan sejumlah perbankan untuk penyediaan kebutuhan kartu uang elektronik.

Adapun kartu yang dapat digunakan di Jalan Tol Belmera meliputi E-Toll dan E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), TapCash (Bank BNI), dan Flazz (Bank BCA).

Selain Belmera, sampai dengan 1 Oktober 2017 ada tiga ruas tol lainnya yang dioperasikan oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya yang telah mengimplementasikan 100% pembayaran tol non-tunai.

Jalan tol tersebut diantaranya Tol Bali Mandara (PT Jasa Marga Bali Tol), Tol Bogor Ring Road (PT Marga Sarana Jabar), Tol Jorr W2 Utara (PT Marga Lingkar Jakarta), Tol Gempol -Pandaan (PT Jasamarga Pandaan Tol), dan Tol Gempol Pasuruan (PT Transmarga Jatim Pasuruan).

Pemberlakuan uang elektronik di seluruh gerbang tol merujuk pada keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 16/KPTS/M/2017 tanggal 12 September 2017, yang menginstruksikan penggunaan uang elektronik di seluruh ruas tol di Indonesia mulai 31 Oktober 2017.

Jasa Marga terus mendukung penggunaan uang elektronik di gerbang tol untuk mempersingkat waktu transaksi pengguna jalan karena akan memangkas separuh waktu transaksi lebih cepat, selain lebih mudah dan praktis.

Jasa Marga menghimbau pengguna jalan untuk segera beralih menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi di gerbang tol. Antisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini yang bisa didapatkan melalui Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, Twitter @PTJASAMARGA dan @official_JSMR, Instagram @official.jasamarga, aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications, serta lewat website www.jasamarga.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×