kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vista Equity akan akuisisi DH Corp US$ 3,6 miliar


Rabu, 15 Maret 2017 / 11:16 WIB
Vista Equity akan akuisisi DH Corp US$ 3,6 miliar


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Rizki Caturini

TORONTO. Perusahaan investasi asal Amerika Serikat, Vista Equity Partners akan membeli perusahaan asal Kanada, DH Corp. Nilai kesepakatan akuisisi tersebut mencapai C$ 4,8 miliar atau setara dengan US$ 3,6 miliar.

Nantinya, Vista menggabungkan bisnis DH dengan perusahaan software keuangan Misys yang berbasis di Inggris. Pada tahun lalu, Misys membatalkan rencananya mencatatkan saham di bursa.

Akuisisi Vista atas DH menjadi pengambilalihan saham terbesar yang dilakukan perusahaan asing pada perusahaan Kanada sejak Desember 2014. Terakhir kali ada Repsol, perusahaan asal Spanyol yang sepakat membeli produsen minyak Kanada, Talisman Energy.

Vista, perusahaan ekuitas swasta dan lembaga keuangan ini menghabiskan banyak dana untuk berinvestasi di perusahaan keuangan teknologi alias financial technology (fintech). Ekspansi tersebut dimaksudkan mengembangkan bisnis dalam mengubah industri jasa keuangan.

Investasi modal ventura yang menempatkan dana di fintech Kanada terus meningkat. Hal ini berbeda dengan aliran dana ke pasar fintech AS yang justru menurun.

Vista seperti dikutip Reuters mengajukan penawaran saham DH Corp senilai C$ 25,5 per saham, lebih tinggi 11% dari harga penutupan Jumat (10/3). DH Corp yang sebelumnya bernama Davis + Henderson Corp awalnya berbisnis perusahaan pencetakan cek. Kini, DH beralih bisnis menjadi jasa penyedia layanan pembayaran dan kredit.

DH kini memiliki 8.000 pelanggan dan didukung lima investor pemberi pinjaman.

Kesepakatan Vista dengan DH membuktikan komitmen Vista mengembangkan bisnis dengan membeli perusahaan. Rencana akuisisi itu terdengar sejak Desember 2016. Harga saham DH sempat menurun ke level terendah pada November 2016. Kini terus terangkat hingga lebih dari 64% karena kabar akuisisi itu.

Dalam aksi ini, DH dibantu oleh Credit Suisse dan RBC Capital Markets yang bertindak sebagai penasihat keuangan. DH juga dibantu Stikeman Elliott LLP dan Cravath, Swaine & Moore LLP sebagai penasihat hukum.

Dari pihak Vista yang membantu menjadi penasihat keuangan Morgan Stanley, Barclays dan Citi. Sedangkan Kirkland & Ellis LLP dan Goodmans LLP menjadi penasihat hukum.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×