: WIB    --   
indikator  I  

AAUI prediksi rasio klaim kembali turun di 2017

AAUI prediksi rasio klaim kembali turun di 2017

JAKARTA. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menilai klaim di industri asuransi umum akan makin stabil di tahun ini. Bahkan rasio klaim pun diprediksi makin bakal jinak ketimbang tahun lalu.

Ketua Bidang Statistik AAUI Dadang Sukresna menyebut, potensi penurunan claim ratio di tahun ini di antaranya karena telah terpenuhinya sejumlah klaim besar di beberapa tahun ke belakang. Misalnya saja klaim pesawat AirAsia yang hilang pada akhir 2014 lalu.

Dengan begitu pertumbuhan klaim di tahun ini diperkirakan tidak akan terlalu melonjak. Hal ini tentu dengan catatan tak ada bencana katastopik yang terjadi di 2017.

Sebenarnya angka rasio klaim ini mulai menurun di tahun lalu yakni dari 48,8% pada 2015 menjadi 43,9% di tahun 2016. "Untuk tahun ini kemungkinan berada di kisaran 41% sampai 42%," kata Dadang belum lama ini.

Menurut dia, jenis klaim yang akan punya pengaruh cukup besar di tahun ini adalah dari lini bisnis asuransi kendaraan. Hal ini tak lepas dari besarnya pangsa pasar lini tersebut dari keseluruhan portofolio bisnis di industri asuransi umum.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Rizki Caturini

ASURANSI UMUM

Feedback   ↑ x
Close [X]