: WIB    —   
indikator  I  

BI: Semua bank bisa ikut elektronifikasi tol

BI: Semua bank bisa ikut elektronifikasi tol

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ditemui lepas acara talkshow Infobank (10/10), Pungky P Wibowo, Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) mengatakan sistem pembayaran non tunai tol terbuka untuk semua bank yang ingin berpartisipasi.

“Bank-bank yang ingin masuk dipersilahkan. Tidak ada hambatan dan empat bank BUMN yang sudah ada juga sudah membuka jalan partisipasi bank lain dalam layanan ini”, ujar Pungky.

Dia juga menambahkan, itu semua terbukti dari Bank Central Asia (BCA) yang sudah ikut dalam sistem pelayanan non tunai ini. Total saat ini sudah ada 5 bank penyedia layanan tol non tunai dengan uang elektronik, antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan BCA.

Pungky mengatakan akan ada 3 bank lain yang akan bergabung dengan layanan tol non tunai. Jadi akan ada 8 bank nantinya yang berpartisipasi."Nanti akhir Desember akan tambah lagi dari Bank Nobu, Bank DKI dan Bank Mega”, tambah Pungky.

Saat ini ketiga bank tersebut sedang menjalani proses. Proses tersebut diantaranya pemasangan alat dan prove of concept. “Dilihat dulu dan membutuhkan waktu agar semua reader kartu dapat digunakan oleh 8 bank tersebut”, kata Pungky.

Saat ini model bisnis yang dilakukan adalah sharing investasi dengan infrastruktur yang sudah dibangun sebelumnya. Sepertinya ketiga bank baru ini akan melakukan penggantian sharing investasi untuk infrastruktur yang ada.

”Bisnis modelnya tentu yang tidak memberatkan bank yang baru bergabung,” tutup Pungky.

BI juga menyerahkan penuh perihal sharing investasi kepada para bank yang merupakan pemain di layanan ini. BI hanya melakukan pengawasan dan penjagaan perlindungan konsumen agar biaya tambahan yang dibebankan kepada pemilik kartu tidak berlebih.


Reporter Yoliawan H
Editor Dessy Rosalina

WAJIB E-TOLL

Feedback   ↑ x
Close [X]