kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis ACE Life Indonesia Makin Mapan


Rabu, 20 Mei 2009 / 08:29 WIB


Sumber: KONTAN |

JAKARTA. Bisnis asuransi jiwa di Indonesia semakin ramai setelah ACE Group mengoperasikan PT ACE Life Indonesia, anak perusahaannya di asuransi jiwa.

ACE Life Indonesia terbentuk setelah ACE Group mengakuisisi 80% saham PT. Asuransi Jiwa Bumi Arta Reksatama, awal tahun ini. Bumi Arta lantas bersalin rupa menjadi ACE Life. ACE Group adalah grup usaha asuransi dan reasuransi asal Swiss yang sudah beroperasi di 50 negara.

Presiden Global ACE Life, David Wolf menyatakan, perusahaannya tertarik mengembangkan asuransi jiwa di Indonesia karena pasar asuransi di negeri ini termasuk yang berukuran besar di kawasan Asia Pasifik. "Kondisi krisis tidak mengendurkan niat kami melakukan ekspansi. ACE Group justru terdorong memperluas bisnisnya di Indonesia," kata Wolf.

Selain menawarkan asuransi jiwa, ACE Life juga bakal menawarkan asuransi kesehatan, dan investasi. Modal yang ditanamkan ACE Group untuk perusahaan barunya ini adalah Rp 40 miliar. ACE Group juga melakukan investasi infrastruktur dan sumber daya manusia di ACE Life senilai Rp 10 miliar.

Sebagai pemain baru, ACE Life akan mengandalkan jaringan agen penjual. Saat ini, ACE Life baru memiliki 250 orang agen. Tahun ini, ACE memasang target jumlah agen mencapai 1.000 orang. Dalam tiga tahun ke depan, ACE berharap sudah memiliki 5.000 agen di Indonesia, seiring dengan pendirian kantor cabang di berbagai daerah.

Tentu, ACE Life juga merekrut karyawan baru. "Sekarang kami baru memiliki 50 karyawan. Kami berharap jumlah karyawan menjadi 100 di akhir tahun," tutur Presiden Direktur ACE Life Indonesia Chee Kong.

Sebenarnya, ACE Life sudah beroperasi sejak April 2009 lalu. Namun peresmiannya baru dilakukan Mei 2009 ini.

Baru beroperasi satu bulan, ACE sudah berhasil menarik 200 orang nasabah. ACE Life sudah mengantongi premi Rp 2 miliar. "Rasio kecukupan modal asuransi (RBC) ACE Life sekarang ini jadi melonjak sampai 1.500%," kata Chee Kong.

Menurut Chee, strategi mereka mendobrak pasar asuransi di Indonesia adalah menciptakan produk yang sesuai untuk pasar lokal. "Kami akan menawarkan asuransi jiwa yang memenuhi aspek perlindungan dan tabungan sesuai keinginan pasar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×