kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI sempurnakan pengelolaan kartu tani pada tahun ini


Kamis, 18 Februari 2021 / 23:05 WIB
BNI sempurnakan pengelolaan kartu tani pada tahun ini


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kedaulatan dan ketahanan pangan menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Salah satu langkah untuk mewujudkannya adalah melalui program kartu tani sebagai sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet) bagi para petani.

Selain itu, Kartu Tani dapat memberikan para petani kepastian alokasi pupuk subsidi, menumbuhkan kebiasaan menabung, kemudahan mendapatkan program bantuan lainnya karena data petani sudah terdapat di database. Di sisi lain, Kartu Tani turut memudahkan monitoring dan evaluasi penyaluran pupuk subsidi dan kegiatan pertanian Indonesia.

Sebagai salah satu bank milik negara, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dipercaya untuk membantu dan mendorong kesejahteraan para petani menggelar workshop percepatan pengelolaan kartu tani di Wilayah Jawa Timur Tahun 2021 pada Rabu,(17/2) di Surabaya. 

Baca Juga: Transformasi nyata BTN jadi bank tabungan

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan program kartu tani ini bukan hanya sebagai financial solution namun juga menjadi risk management solution

"Jika punya budaya cashless transaction bagus sekali dalam mengikatkan fungsi intermediary di perbankan. Harapannya, Jawa timur pelan-pelan dari masyarakat strata paling kecil sudah memiliki financial solution," ujarnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (18/2).

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik menyampaikan langkah ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Ketahanan Pangan di Indonesia khususnya di Wilayah Jawa Timur. 

"Untuk itu, BNI berkomitmen mendukung penuh implementasi program kartu tani khususnya di Wilayah Jawa Timur. Key Success dalam rangka mendukung percepatan dan keberhasilan Program Kartu Tani diperlukan Kerjasama intens diseluruh stakeholder yang terlibat sesuai tugas dan fungsinya, sehingga kendala yang terjadi di lapangan dapat terselesaikan dengan baik,” katanya.

Baca Juga: Bankir mendukung kebijakan OJK menangguhkan kewajiban spin off unit usaha syariah

Dia menambahkan, melalui workshop ini kami harapkan dapat merumuskan segala isu yang terjadi di lapangan kaitannya dalam proses distribusi kartu tani dan merumuskan program solusi sehingga distribusi kartu tani di wilayah jawa timur dapat dilakukan secara optimal.

Selain itu, BNI terus mendukung kesejahteraan petani melalui realisasi penyaluran KUR secara besaran yang telah disalurkan selama tahun 2020 sebesar Rp 21,26 triliun serta menyentuh 239.527 penerima KUR di seluruh Indonesia.

Selanjutnya: BI turunkan bunga acuan 25 bps, begini kata bankir dan ekonom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×