: WIB    --   
indikator  I  

BPJSTK imbau perusahaan daftarkan karyawan

BPJSTK imbau perusahaan daftarkan karyawan

KONTAN.CO.ID - Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) turun serta melayani langsung peserta di beberapa kantor cabang di Wilayah Indonesia dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional. Adapun, kegiatan ini diadakan selama 3 hari, terhitung sejak 3 September hingga 6 September 2017 di beberapa kantor cabang, salah satunya di Kantor Cabamg Bali Denpasar yang diwakili oleh Direktur Pengembangan Investasi, Amran Nasution.

Amran mengatakan, peserta adalah komponen utama bagi BPJS, karena iuran pun berasal dari peserta. "Otomatis kepesertaan itu harus kita layani sebaiknya," ujar dia di Denpasar.

Melalui kegiatan tersebut, Amran ingin memaksimalkan pelayanan ke peserta terlebih di Hari Pelanggan Nasional. Dalam kesempatan tersebut dia juga menyayangkan masih banyak perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Padahal, manfaat yang diterima akan sangat membantu peserta, terlebih dalam keadaan darurat. "BPJS Ketenagakerjaan manfaatnya memang belum bisa dirasakan saat ini. Tapi nanti akan sangat terasa ketika peserta mengalami musibah," ungkapnya.

Amran mengimbau agar para pengusaha yang belum mendaftarkan perusahaan dan pekerjanya pada program BPJSTK untuk segera mendaftarkan agar tidak merugikan pekerja dan terhindar dari konsekuensi hukum yang ada. Melalui BPJSTK pun, kata dia, para peserta juga dapat menikmati hari tuanya dengan lebih tenang melalui program Jaminan Hari Tua (JHT).

Sementara itu, di tempat terpisah, Direktur Keuangan BPJSTK, Evi Afiatin menambahkan dengan dilakukannya penarikan JHT oleh peserta sebelum memasuki usia pensiun akan mengakibatkan pekerja tersebut tidak memiliki perlindungan dan jaminan sosial pada saat pensiun kelak yang justru sangat diperlukannya.

Di samping itu, peserta akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan manfaat hasil pengembangan investasi dana JHT yang sampai dengan saat ini besarnya kurang lebih 2% di atas rata-rata bunga deposito.

Selain Amran, jajaran direksi lainnya yang juga melakukan pelayanan langsung kepada peserta di beberapa kantor cabang, di antaranya adalah Kantor Cabang Tangerang BSD dan Manado oleh Direktur Keuangan Evi Afiatin, Kantor Cabang Surakarta oleh Direktur Perencanaan Strategis dan TI Sumarjono, Kantor Cabang Malang oleh Anggota Dewan Pengawas, Syafri Adnan Baharuddin, dan Kantor Cabang Sorong oleh Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga, E. Ilyas Lubis.


Reporter Klaudia Molasiarani
Editor Wahyu Rahmawati

BPJS KETENAGAKERJAAN

Feedback   ↑ x
Close [X]