kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini, pemilik MTN SNP Finance akan berkumpul


Rabu, 23 Mei 2018 / 10:22 WIB
Hari ini, pemilik MTN SNP Finance akan berkumpul
ILUSTRASI. SNP Finance


Reporter: Avanty Nurdiana, Herry Prasetyo, Umi Kulsum | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilik surat utang jangka menengah alias medium term notes (MTN) PT Sunprima Nusantara Pembiayaan akan mengadakan rapat umum pemegang MTN, Rabu ini (23/5). Rapat tersebut akan menentukan nasib kelanjutan pembayaran MTN SNP Finance.

Berdasarkan riset KONTAN, ada beberapa perusahaan yang memiliki MTN SNP Finance ini. Salah satunya, PT Samuel Aset Manajemen (SAM). Perusahaan ini memiliki MTN III Sunprima Nusantara Pembiayaan Tahun 2017 seri A senilai Rp 38 miliar. MTN tersebut dijadikan aset dasar reksadana SAM Terproteksi II.

Presiden Direktur Samuel Aset Manajemen Agus B Yanuar mengatakan, sebelum berinvestasi di MTN SNP Finance, sebetulnya proses pemilihan instrumennya sudah melalui prosedur baku yang biasa dikerjakan.  Selain analisis kuantitatif, SAM juga melakukan verifikasi ke pelaku di industri yang sama, termasuk kepada kompetitornya.

"Namun memang, risiko selalu ada, bahkan di saham pun, kalau dari perhitungan dan rasio probabilitas gagal bayarnya kecil. Ke depan kami harus lebih berhati-hati saja," kata Agus.

Salah satunya akan menaikkan minimal peringkat perusahaan yang akan dijadikan lahan investasi. Jika sebelumnya SAM memilih perusahaan dengan peringkat A,  ke depan akan menjadi AA. Meski MTN yang dimiliki SAM tidak gagal bayar, perusahaan ini akan menggunakan langkah hukum menagih hak-hak pemegang MTN jika diperlukan.

Selain SAM, pemegang MTN SNP Finance lainnya adalah PT Bank Pan Indonesia Tbk (Bank Panin). Berdasarkan laporan keuangan hingga akhir Maret 2018, bank ini menggenggam MTN SNP Finance sebesar Rp 101,62 miliar. Kepemilikan MTN SNP Finance berkurang dari akhir tahun lalu sebesar Rp 194,89 miliar. Perusahaan ini tidak menjelaskan seri MTN apa yang dimiliki dalam laporan keuangannya.

Selain itu ada juga PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) yang memiliki MTN IV SNP Finance senilai Rp 52 juta per akhir tahun lalu. Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto tidak mau berkomentar mengenai kepemilikan MTN SNP Finance. "Setahu saya besok semua investor berkumpul untuk menentukan sikap," ujar dia.

Ada juga PT Bank Sinarmas Tbk yang memiliki MTN SNP
 Tahap I Tahun 2018 seri C senilai Rp 50 miliar per akhir Maret 2018. Lainnya adalah PT Bank Ganesha Tbk yang memegang Rp 2 miliar.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×