kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Koperasi Pintu Air bidik pertumbuhan 60%


Senin, 08 Januari 2018 / 18:24 WIB
Koperasi Pintu Air bidik pertumbuhan 60%


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awal tahun, sejumlah pebisnis mulai ambil ancang-ancang demi merealisasikan target bisnis. Termasuk juga koperasi. Salah satunya adalah Koperasi Kredit Pintu Air.  

Koperasi primer yang berbasis di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut sudah mematok target pertumbuhan aset hingga 60% sampai akhir tahun ini. Target tersebut berkaca dari tambahan aset di akhir tahun ini yang tumbuh 32% dari Rp 612 milair di tahun 2016 menjadi Rp 813,68 miliar di akhir tahun lalu.

Menurut Ketua Koperasi Kredit Pintu Air Yakobus Jano, pihakany sudah mempunyai beberapa strategi bisnis supaya target bisnis yang dipatok tersebut bisa tercapai di akhir 2018 ini.

Misalnya memperbanyak jumlah cabang koperasi Pintu Air. Manajemen koperasi ini menargetkan akan membuka hingga 16 cabang anyar lagi hingga akhir tahun ini. Adapun kota yang dibidik salah satunya adalah Bima serta Surabaya.

Sedangkan pada tahun lalu, Koperasi Pintu Air juga menambah cabang hingga ke kota Makassar. Adapun jumlah cabang koperasi ini saat ini ada sebanyak 45 cabang koperasi.

Nah, adanya tambahan cabang koperasi ini sudah pasti bakal mendorong pertambahan jumlah angota koperasi. Sayang, Yakobus Jano tidak merinci target jumlah anggota koperasi pada tahun ini. Adapun saat ini jumlah anggota koperasi ini sudah mencapai  173.320 orang.

Tapi ia menyebut, setidaknya untuk bisa membuka satu cabang koperasi harus ada persyaratan. Yang utama adalah cabang tersebut punya dana simpanan dan pinjaman sebesar Rp 1 miliar. Syarat lainnya adalah cabang tersebut juga sudah punya sekitar 1.000 anggota.

Untuk sementara, Yakobus belum bisa menyebut target total dana pinjaman dan simpanan sampai akhir tahun ini. Tahun lalu, koperasi ini bisa menyalurkan pinjaman hingga Rp 919,32 miliar dari simpanan Rp 560,43 miliar.  

Selain simpan pinjam, koperasi ini juga punya bisnis toko ritel yang sudah beroperasi di kantor pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×