kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri Utama Finance guyur kredit Rp 5,9 triliun


Selasa, 19 September 2017 / 06:40 WIB
Mandiri Utama Finance guyur kredit Rp 5,9 triliun


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - Tren pembiayaan PT Mandiri Utama Finance (MUF) terus membesar. Hingga delapan bulan di tahun ini, MUF telah menyalurkan kredit Rp 5,9 triliun. Artinya, MUF telah memenuhi 80,82% dari target sampai akhir tahun yang sebesar Rp 7,3 triliun.

Direktur Marketing MUF Yanto Tjia mengatakan, realisasi pembiayaan tumbuh signifikan sebesar 130% jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Kenaikan ini terdongkrak pembiayaan baru anak usaha Bank Mandiri yang kian bertambah.

Apalagi ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) cukup menopang pertumbuhan pembiayaan Mandiri Utama Finance. Asal tahu saja, pada perhelatan GIIAS, MUF menargetkan transaksi 1.500 SPK atau setara nominal Rp 258 miliar.

"Target GIIAS tercapai, hanya saja banyak SPK yang masih menunggu karena suplai yang belum cukup. Kami targetkan pembiayaan per bulan bisa mencapai Rp 600 miliar," kata Direktur Utama MUF, Stanley Setia Atmadja, Senin (18/9).

Operation Director MUF Judy Lesmana menambahkan, meskipun penjualan kendaraan bermotor belum bergairah, MUF mampu mencatatkan pembiayaan kinclong. Menurut dia, MUF memiliki portofolio yang bisa mendongkrak pembiayaan yakni dari captive market Bank Mandiri dan perusahaan yang bekerjasama dengan induk usahanya.

Judy optimistis, di sisa tahun ini pembiayaan akan terus bergairah. Tren positif masih akan berlanjut meskipun pasca perhelatan event otomotif GIIAS berakhir. "Permintaan otomotif masih ada baik di kuartal III maupun IV, kami masih yakin capai target yang telah ditetapkan," ujar dia kepada KONTAN.

Belum lama ini, MUF juga telah mencatatkan transaksi 1.000 unit kendaraan dengan PT Telkom, lalu ada juga dengan PT Pertamina. "Kami memiliki 25 juta database di Bank Mandiri yang bisa digarap, selain itu kami juga memperkuat penjualan ke diler-diler," tambah Judy.

Adapun portofolio pembiayaan MUF saat ini 55% dari mobil dan 45% sepeda motor. Rasio non performing finance (NPF) MUF masih stabil. Hingga semester I-2017 rasio NPF MUF tercatat 1% dan tetap sebesar 1% sampai akhir Agustus 2017.

MUF optimistis NPF hingga pengujung tahun menyusut ke 0,9%. Strategi tersebut didukung dari tim penagihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×