kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitsui Umumkan Investasi Perdana Ke LinkAja


Rabu, 27 Maret 2024 / 11:48 WIB
Mitsui Umumkan Investasi Perdana Ke LinkAja
ILUSTRASI. LinkAja mendapatkan pendanaan investasi strategis ke LinkAja


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor asal Jepang Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) mengumumkan telah memberikan pendanaan investasi strategis untuk LinkAja. Ini merupakan yang pertama bagi LinkAja mendapat suntikan investasi dari perusahaan global.

Sayangnya, nilai investasi yang diberikan oleh Mitsui tak disebutkan. Hanya disebutkan bahwa aksi korporasi ini bertujuan untuk saling memperkuat ekosistem dan strategi bisnis, termasuk potensi kolaborasi di dalam ekosistem BUMN yang menjadi pemegang saham LinkAja.

Bagi Mitsui, berinvestasi di LinkAja merupakan pendekatan strategis dari Mitsui dalam mengembangkan bisnis keuangan digital serta bukti komitmen dalam mempercepat kolaborasi strategis antara ekosistem BUMN dan ekosistem Mitsui dalam bidang teknologi informasi, ritel, atau bisnis lainnya, sebagai bagian untuk mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia.

“Seiring dengan terus berjalannya proses digitalisasi, kami juga semakin memperluas fokus kami pada nilai ekonomi digital, termasuk keuangan digital di Indonesia, “ujar Shinichi Kikuchihara, Direktur Utama PT Mitsui Indonesia, dalam keterangan resminya, Rabu (27/3).

Baca Juga: Sejumlah Perbankan Selektif Berikan Pendanaan ke Startup Digital

Menurutnya, sebagai perusahaan dengan fondasi bisnis yang kuat dengan ekosistem pemegang saham yang solid, ada keyakinan Mitsui dan LinkAja dapat saling berkontribusi dalam perkembangan industri keuangan digital Indonesia.

Sebagai informasi, Mitsui telah memulai komitmen jangka panjangnya di Indonesia sejak tahun 1901 sejak pendiri Mitsui membuka kantor di Surabaya, dan sejak itu, di Indonesia Mitsui terus mengembangkan bisnisnya. 

Di Indonesia, Mitsui beroperasi di sektor-sektor strategis seperti Infrastruktur & Energi, Mobilitas, Baja, Kimia Pangan & Ritel, dan Information & Communication Technology (ICT). Beberapa dari perusahaan yang diinvestasikan oleh Mitsui di Indonesia termasuk Bussan Auto Finance (pembiayaan ritel sepeda motor) dan Convertible bond subscription di CT Corp.

Direktur Utama LinkAja Yogi Rizkian Bahar bilang investasi strategis Mitsui ini akan membuka kesempatan LinkAja dan Mitsui untuk menggabungkan berbagai potensi dan unique competitive advantage keduanya.

Di 2024 sendiri, Yogi melihat LinkAja masih terus berfokus pada sinergi BUMN. Melalui pivoting model bisnis dan strategi efisiensi biaya tersebut, LinkAja berhasil mencapai perbaikan kinerja bisnis secara signifikan, dengan EBITDA positif dua kuartal berturut-turut di akhir 2023.

“Kepercayaan dari investor global ini, juga akan semakin menambah kepercayaan investor, termasuk kemungkinan masuknya investor lain.” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×