: WIB    --   
indikator  I  

NPF pembiayaan per Juli turun tipis

NPF pembiayaan per Juli turun tipis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren angka pembiayaan bermasalah alias non performing finance (NPF) perusahaan pembiayaan membaik. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, angka kredit macet multifinance per Juli 2017 di level 3,45%. Posisi tersebut turun tipis dari Juni lalu yang mencapai 3,47%. Namun jika dihitung sejak awal tahun, angka NPF hanya tercatat 3,17%.

Operation Director PT Mandiri Utama Finance (MUF) Judy Lesmana mengungkapkan, sejauh ini angka kredit macet perseroan masih terhitung stabil. Hingga semester satu lalu, misalnya angka kredit macet MUF sebesar 1%, dan tetap di angka 1% sampai akhir Juli 2017.

“NPF kami masih relatif stabil, hingga akhir Agustus saja masih berada di level 1%,” ujar Judy kepada KONTAN, Rabu (13/9).

MUF optimistis angka NPF hingga penghujung tahun ini bisa mengecil ke level 0,9%. Strategi tersebut tentunya didukung dengan memperkuat penanganan tim collection.

Menurut Judy, dalam menjual penarikan kendaraan dari nasabah pihaknya tidak kesulitan, karena peminat dari showroom terbilang besar. Selain itu, MUF juga memakai jasa lelang untuk menjual hasil penarikan kendaraan.

Sementara, Direktur Utama PT BCA Finance Roni Haslim mengatakan, angka kredit macet perusahaan terus mencatatkan penurunan. Per Juni, NPF BCA Finance sekitar 1,3%, dan berangsur turun menjadi 1,03% per akhir Juli 2017.

"Agustus sudah turun sedikit 0,99%, kenaikan kemarin memang dipicu setelah Lebaran," katanya kepada KONTAN, Rabu (13/9). Pihaknya masih optimistis angka kredit macet masih berada di bawah 1% sampai penghujung tahun nanti.

Hal ini tentunya didukung oleh strategi BCA Finance dalam menekan NPF, seperti mempertimbangkan proses awal kredit. Menurutnya nominal down payment atau DP sangat berpengaruh lantaran jika uang muka semakin rendah tentu risikonya semakin tinggi.

"Beberapa cara yang kami upayakan seperti blast melalui SMS mengingatkan nasabah untuk membayar angsuran lalu di hubungi melalui telepon dan juga dikunjungi langsung," papar Roni. Untuk menjual tarikan kendaraan kredit macet, BCA Finance mempercayakan pada balai lelang.


Reporter Umi Kulsum
Editor Dupla Kartini

INDUSTRI PEMBIAYAAN

Feedback   ↑ x
Close [X]