kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyaluran kredit bank jumbo hingga kuartal III menyusut, kenapa?


Senin, 14 Oktober 2019 / 15:50 WIB
Penyaluran kredit bank jumbo hingga kuartal III menyusut, kenapa?
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di Bank Mandiri Jakarta, Kamis (12/9). Bunga deposito perbankan beranjak turun usai Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 5,5% di bulan lalu./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/09/2019.


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank besar di kelas Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 4 yang bermodal inti di atas Rp 30 triliun mengaku mengalami perlambatan kredit pada triwulan III. Permintaan kredit yang menurun jadi alasannya.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100) Kartika Wirjoatmodjo juga turut mengakui perlambatan kredit yang disalurkan pihaknya. “Sampai kuartal 3/2019 memang sedikit melambat pertumbuhan kredit kami di kisaran 8%-9%. Memang kondisi ekonominya juga ikut melambat,” katanya saat ditemui Kontan.co.id, pekan lalu di Jakarta.

Baca Juga: Bank BRI telah salurkan KUR Rp 77,26 triliun hingga kuartal ketiga 2019

Di samping perlambatan ekonomi nasional, pria yang akrab disapa Tiko ini juga bilang saat ini industri perbankan kini memang punya kewaspadaan ekstra untuk menyalurkan kredit.

Bank berlogo pita emas ini diakui Tiko juga mulai menahan penyaluran kredit di sejumlah sektor industri yang dinilai proyeksinya masih belum akan stabil hingga beberapa tahun mendatang.

“Di industri komoditas kami agak berhati-hati, batubara harganya juga masih menurun. Kemudian industri sawit di hilir harga juga masih belum bagus, tapi untuk industri turunan sawit kami agresif, itu malah jadi fokus kami untuk meningkatkan nilai tambah,” paparnya.

Selain itu, sejumlah sektor yang dinilai Tiko masih memiliki peluang untuk menopang pertumbuhan kredit misalnya berasal dari segmen properti menengah ke bawah, kredit mikro, hingga fast moving consumer goods (FMCG).

Baca Juga: Layanan buka rekening secara online makin ramai ditawarkan perbankan




TERBARU

[X]
×