kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Target pembiayaan Koinworks tahun ini Rp 200 M


Rabu, 21 Juni 2017 / 10:45 WIB
Target pembiayaan Koinworks tahun ini Rp 200 M


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Perusahaan financial technology (fintech) berbasis peer to peer (P2P) lending Koinworks yakin bisa mengerek penyaluran pinjaman hingga akhir tahun ini. Hingga Mei 2017, Koinworks telah menyalurkan pinjaman Rp 30 miliar.

Sementara target perusahaan di bawah naungan PT Lunaria Annua Teknolgi ini Rp 100 miliar hingga Rp 200 miliar. Untuk menggapai target tersebut, perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada April 2017 ini memiliki tiga strategi.

Pertama, Koinworks bakal memacu tiga lini bisnis mereka saat ini. Yakni koin bisnis, koin pintar dan koin sehat. "Ketiganya kami sedang tingkatkan sehingga bisa lebih banyak menyalurkan pinjaman. Saat ini, kontribusi terbesar masih pada koin bisnis sebesar 80% sisanya dari koin sehat dan koin pintar," kata Jonathan Bryan, Head of Marketing Koinworks.

Koin bisnis adalah pembiayaan yang digunakan untuk pinjaman modal usaha. Sedangkan koin pintar untuk pendanaan pendidikan, sementara koin sehat untuk biaya berobat. Tak hanya mengembangkan bisnis dari dalam, Koinworks juga akan ekspansi secara eksternal.

Rencana kedua, Koinworks adalah menggandeng banyak partner untuk memperluas jangkauan pinjaman. Saat ini, Koinworks telah bekerjasama dengan Lazada, Tokopedia, Doku dan sebagainya.

Ketiga, Koinworks juga terus memperluas penetrasi pasar. Sejak awal menyalurkan pinjaman, jangkauan Koinworks masih sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Namun saat ini sudah menjangkau ke seluruh kota di Indonesia. "Dari Sabang sampai Marauke sudah terjangkau sehingga semakin luas dan banyak yang tahu otomatis akan banyak yang pinjam," ungkap Jonathan.

Saat ini, Koinworks masih fokus memberikan pinjaman kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lantaran hanya ingin memberikan pinjaman pada bisnis yang berjalan dan produktif. Koinworks mengaku lebih memilih mendanai kebutuhan bisnis bukan kebutuhan pribadi.

Hingga saat ini, Bernard Arifin, Chief Operating Officer (COO) Koinworks mengatakan, jumlah peminjam Koinworks sekitar 300 orang. Sedangkan jumlah investor sebanyak 10.000 investor. Dengan membludaknya, investor yang bergabung dengan Koinworks, pihaknya menghadirkan fitur multi auto purchase. "Jika investor mau berinvestasi tidak siapa cepat dia dapat lagi. Fitur ini membantu secara otomatis dan pastinya terdeteksi investor," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×