kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yusuf Mansur ingin koperasi jadi investor berbagai proyek


Rabu, 04 Juli 2018 / 06:50 WIB
Yusuf Mansur ingin koperasi jadi investor berbagai proyek
ILUSTRASI. Yusuf Mansur


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yusuf Mansur ingin koperasi di Indonesia mengambil peran sebagai investor bagi proyek-proyek raksasa sekaligus mampu mengelola entitas yang menguasai hajat hidup orang banyak.

"Sejak dulu saya koperasi itu bukan saja bisa menjadi solusi pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya UKM tapi juga bisa mengangkat derajat orang-orang kecil kemudian menjadi investor. Karena itu saya membawa visi misi bagaimana kemudian DNA bangsa kita, negeri kita, diri kita coba menjadi investor salah satunya lewat koperasi," kata Yusuf sebagai pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Bulak Santri, Cipondoh, Tangerang dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3).

Pria bernama lengkap Jam'an Nurkhatib Mansur itu menilai konsep uang kecil atau recehan jika disatukan melalui koperasi akan menjadi kekuatan yang dahsyat. Sayangnya, sampai saat ini konsep tersebut belum banyak dilakukan di dunia koperasi Indonesia.

Menurut Yusuf Mansur produk yang digunakan secara masal dan banyak digunakan apalagi strategis, harus dimiliki sahamnya oleh koperasi. Begitu pun dengan saham industri fintech. Ia bertekad meletakkan dasar perintisan koperasi yang terhubung dengan aset manajemen, modal ventura, perbankan, fintech, dan payment gateways yang seluruhnya terkorelasi.

"Saya menggabungkannya dalam tubuh PayTren dimana koperasi menjadi backbone, roh, nyawa, dan sistem perjuangan di dalamnya," katanya.

Hingga saat ini pengguna PayTren 3 juta yang nantinya seluruhnya akan memiliki SID sehingga terhubung dengan Dukcapil agar kemudian masalah big data lebih mudah terselesaikan.

Yusuf Mansur membayangkan jika proyek strategis seperti tol, bandara, pelabuhan, dan proyek infrastruktur lainnya semestinya dilakukan oleh koperasi maka hal itu pasti akan lebih terasa langsung manfaatnya bagi masyarakat banyak.

"Orang kecil sekarang bisa menjadi investor, memang kalau sendirian enggak akan bisa tapi kalau bersama-sama melalui koperasi itu sangat mungkin. Kita jangan cuma pakai, ayo dengan kelincahan koperasi kita masuk ke dunia investasi. Keren kan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×