kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih asuransi


Sabtu, 16 Oktober 2021 / 13:17 WIB
4 hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih asuransi


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Baru-baru ini, jagat maya dihebohkan seorang publik figur yang merasa di-scam oleh salah satu brand asuransi. Hal ini turut menjadi pertimbangan untuk memilih asuransi kesehatan dengan lebih seksama. 

Asuransi kesehatan menjadi penting karena bisa mengkover kebutuhan dana besar yang datang tak terduga karena jatuh sakit. Asuransi kesehatan dapat menanggung biaya pengobatan hingga perawatan medis lainnya apabila tertanggung sakit, baik berupa rawat jalan, rawat inap, atau pembedahan. 

"Dengan proyeksi yang didapat dari asuransi, maka Anda lebih tenang dalam menjalani hidup dan tidak kebingungan jika harus mengeluarkan dana besar untuk kebutuhan berobat," tulis Aulia Akbar, Perencana Keuangan dan Financial Educator Lifepal, lewat rilisnya, Sabtu (16/10). 

Aulia menyebutkan, beberapa hal perlu diperhatikan ketika hendak membeli produk asuransi kesehatan dan alasan pentingnya memahami manfaat yang ditawarkan.

1. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan dengan manfaat asuransi

Untuk memilih manfaat asuransi yang tepat, sesuaikan saja kondisi kesehatan saat ini dengan manfaat asuransi kesehatan yang ada. 

"Anggap saja, Anda memiliki gaya hidup yang sehat dan terbilang jarang sakit, buatlah estimasi seputar peluang terburuknya adalah mengalami risiko rawat inap dua kali dalam setahun," kata Aulia. 

Ketahui dengan seksama mengenai plafon manfaat asuransi kesehatan Anda, mulai dari biaya kamar, dokter, pembedahan, biaya aneka perawatan dan lain sebagainya. Setelah itu kalkulasikan dengan biaya rawat inap saat ini. Dengan begitu, bisa tahu kira-kira nilai limit tahunan asuransi yang dibutuhkan dalam setahun.

2. Pahami sistem asuransi kesehatan Anda di polis

Setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki sistem atau ketentuan cara kerja yang berbeda-beda. Ketentuan tersebut umumnya tertulis dengan jelas dalam polis asuransi.

Karena itu, sangat penting untuk mempelajari polis asuransi kesehatan yang kita miliki. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan para agen atau broker mengenai produk yang ingin Anda beli.


3. Cari tahu kredibilitas perusahaan asuransi

Dalam memilih asuransi kesehatan, penting sekali untuk mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi terkait. Cari tahu juga apakah perusahaan memiliki izin usaha resmi yang diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Kemudian, pelajari juga laporan tahunan perusahaan apakah terbilang sehat dan mampu membayarkan klaim nasabah dengan baik atau tidak. Kesehatan perusahaan asuransi ditunjukkan dari Risk Based Capital atau yang biasa dikenal dengan singkatan RBC. Berdasarkan OJK, RBC minimal perusahaan asuransi 120%. 

4. Pilih Asuransi Kesehatan dengan Rumah Sakit Rekanan Luas

Pastikan rumah sakit rekanannya tersebar luas di wilayah domisili saat ini. Dengan begitu, lebih mudah mengakses dan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai perjanjian polis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×