kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ACC menyiapkan kredit mobil murah


Kamis, 25 Juli 2013 / 11:39 WIB
ACC menyiapkan kredit mobil murah
ILUSTRASI. Daftar Lengkap Biaya UKT ITB 2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri


Reporter: Issa Almawadi |

JAKARTA. Astra Credit Company (ACC) siap menyambut era mobil murah atau low cost green car (LCGC). Rencana pemerintah meluncurkan 200.000 unit LCGC menjadi peluang ACC agar bisa menggenjot pembiayaan.

Jodjana J, Chief Executive Officer (CEO) ACC, menyatakan sudah menyiapkan paket  pembiayaan mobil murah ini. "Kami akan membuat semenarik mungkin untuk kepemilikan LCGC," jelas Jodjana, Selasa (23/7).

Dari sisi tenor, ACC bisa memberikan jangka waktu 3 tahun - 5 tahun. Ditambah harga mobil yang relatif murah di kisaran Rp 100 juta, masyarakat mudah mencicil pembelian mobil. ACC telah menyiapkan struktur cicilan tradisional dan ballon payment. "Jika debitur tak layak, tidak akan kami berikan pembiayaan," jelas Jodjana.

Hugeng Gozali, Direktur Keuangan ACC, juga menyambut baik LCGC. Makanya, ACC akan mempersiapkan keperluan,  baik dari sisi infrastruktur di cabang, hingga pengetahuan terhadap produk tersebut.

Pembiayaan mobil murah ini diharapkan bisa mendorong bisnis ACC lebih mengebut. Hingga akhir Juni lalu, ACC telah mengucurkan pembiayaan sebesar Rp 13,06 triliun, dari target Rp 25 triliun.

Pada sisa tahun ini, Jodjana mencermati industri pembiayaan akan terpengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). "Mungkin pengaruhnya baru terlihat Agustus nanti," tutur dia.

Selain itu, ACC berencana meningkatkan bunga pembiayaan Agustus mendatang, terimbas kenaikan bunga perbankan. Sebanyak 60% sumber dana ACC berasal dari perbankan dan sisanya obligasi. Jodjana bilang, ada beberapa bank tempat ACC meminjam uang, telah menaikkan bunga kredit 50 basis poin hingga 125 basis poin. "Kelihatannya kami bisa menaikkan hingga 50 basis poin," kata Jodjana. Bunga pembiayaan mungkin bisa sekitar 5,5%-7,5%," kata Jodjana

ACC berharap, mobil LCGC bisa meluncur tahun ini. Dengan begitu, imbas kenaikan harga BBM bisa dikurangi dengan munculnya kendaraan baru. Hugeng yakin, permintaan mobil murah tetap tinggi karena layanan transportasi publik belum memuaskan.

Pembiayaan mobil LCGC juga akan menyegarkan industri pembiayaan yang sudah ketat. "Jadi, secara tidak disadari, persaingan sudah sangat ketat. Saat ini ada 190 perusahaan pembiayaan, setengah motor setengahnya lagi mobil," kata Hugeng.  ACC mengatakan, tetap berhati-hati mengucurkan pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×