kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar THR Tidak Numpang Lewat, Mulai Dengan Nabung Reksa Dana Pakai Investment Plan


Rabu, 20 April 2022 / 15:00 WIB
Agar THR Tidak Numpang Lewat, Mulai Dengan Nabung Reksa Dana Pakai Investment Plan
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Pertengahan april ini, para pekerja rata-rata sudah menerima tunjangan hari raya (THR). Biasanya, THR digunakan untuk memenuhi kebutuhan seputar hari raya yang memang lebih banyak dari biasanya.

Oleh karena THR merupakan tambahan pendapatan ekstra di samping pendapatan rutin bulanan, diperlukan perencanaan untuk mengelola THR agar bermanfaat dan tidak hanya ”numpang lewat”.

Prioritas pertama, bagi Anda umat muslim sebaiknya sisihkan sebagian dana THR untuk membayar zakat harta dan juga zakat fitrah. Prioritas kedua, bayarlah utang-utang terutama utang konsumtif seperti kartu kredit dan paylater

Ketiga, sisihkan juga untuk dana darurat. Keempat, dana THR juga bisa dialokasikan untuk biaya mudik tahun ini.

Jika masih ada dana yang tersisa atau tidak memiliki rencana mudik maka sisa dana THR dapat dirasakan sebagai dana "nganggur". Dana tersebut bisa digunakan agar uang bisa bekerja sendiri walaupun anda masih bekerja secara aktif di kantor. Perlu diingat bahwa uang yang dipergunakan untuk investasi sebaiknya sisihkan di awal, bukan menunggu apabila ada sisa pengeluaran.

Maka dari itu, Anda bisa sisihkan dana yang menganggur tersebut berbuah menjadi dana darurat maupun investasi jangka panjang lewat reksa dana. Reksa dana menjadi pilihan bagi banyak investor pemula yang masih belajar dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti perkembangan pasar modal.

Reksadana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam Portfolio Efek oleh Manajer Investasi (MI) yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terdapat empat jenis reksa dana yang dikenal umum, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Namun sebelum memilih jenis reksa dana, setiap calon investor sebaiknya mengetahui kapan dan untuk apa tujuan dana yang diinvestasikan. Berdasarkan jenis reksa dana, produk yang memiliki risiko terendah hingga tertinggi adalah reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Secara umum, untuk tujuan investasi hingga dua tahun ke depan, bisa dipilih reksa dana pasar uang.

Untuk tujuan hingga lima tahun ke depan, pilihlah reksa dana pendapatan tetap. Untuk tujuan hingga delapan tahun ke depan, dapat dipilih reksa dana campuran dan di atasnya dapat memilih reksa dana saham.

Mengulang prinsip dasar investasi, setiap investasi mengandung risiko yang mesti dipertimbangkan setiap investor. Tentunya reksa dana juga memiliki risiko perlambatan ekonomi nasional dan global yang terdampak pandemi Covid-19. Jika ragu, pelajari kembali berbagai informasi mengenai reksa dana yang diinginkan dalam dokumen fund fact sheet.

Beruntungnya di era serba digital, nasabah bisa berinvestasi reksa dana bisa mudah langsung dari tabungan. Bank Mandiri menawarkan kesempatan bagi nasabah untuk mengikuti program investment plan. 

Investment Plan atau Investasi Bulanan adalah transaksi pembelian rutin reksa dana secara bulanan dengan nominal dan tanggal pendebetan yang ditentukan di awal sampai dengan masa berlaku investment plan/investasi bulanan berakhir. Produk yang diikutsertakan dalam program adalah seluruh produk reksa dana open-end dengan mata uang Rupiah (reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana indeks) tidak termasuk reksa dana pasar uang dan reksa dana terproteksi.

Khusus bulan penuh berkah ini, lewat program bertajuk #MulaiKebiasaanBaik Nabung Reksa Dana, nasabah dapat memperoleh kesempatan cashback di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, dengan cara menabung rutin reksa dana menggunakan fitur investment plan selama periode program dan berhasil dilakukan pendebetan dalam 3 bulan pertama. Adapun program ini berlaku sejak 18 April sampai 18 Mei 2022.

Cashback diberikan kepada 150 orang pertama yang melakukan pendaftaran investment plan dengan jangka waktu minimal 1 tahun, serta berhasil dilakukan pendebetan dalam 3 bulan pertama. Setiap Nasabah hanya eligible untuk mendapatkan cashback untuk 1 (satu) investment plan yang dibuat selama masa program. 

Nasabah dapat mendaftar investment plan reksa dana di Bank Mandiri melalui melalui Cabang Bank Mandiri yang dapat melayani transaksi Reksa Dana. Nasabah cukup membawa KTP dan buku Mandiri Tabungan sebagai syarat pendaftaran. Selanjutnya Nasabah mengisi formulir investment plan yang tersedia di Cabang tersebut.

Bank Mandiri akan melakukan verifikasi terhadap 150 Nasabah pertama yang eligible untuk mendapatkan cashback selama periode program. Cashback akan di-transfer ke rekening Nasabah setelah berakhirnya periode program. Keputusan pemenang oleh Bank Mandiri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Untuk informasi lebih lanjut nasabah dapat mengunjungi https://bankmandiri.co.id/web/guest/mulaikebiasaanbaik-nabung-reksa-dana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×