kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Akibat pandemi, performa bisnis tabungan haji CIMB Niaga Syariah turun pada 2020


Minggu, 13 Juni 2021 / 14:02 WIB
Akibat pandemi, performa bisnis tabungan haji CIMB Niaga Syariah turun pada 2020
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah di CIMB Niaga Syariah, Jakarta. KONTAN/Carolus Agus Waluyo

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 yang berimbas pada pembatasan penyelenggaran ibadah haji telah membuat bisnis simpanan dana haji sejumlah bank syariah turun. UUS PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) misalnya mencatatkan penurunan performa bisnis haji sebesar 38% pada tahun 2020. 

"Seperti yang diketahui terjadi pandemi Covid-19 juga berpengaruh ke bisnis haji.  Namun, penurunan performa CIMB Niaga Syariah ini masih dibawah rata rata penurunan market nasional pendaftar haji dari seluruh BPS BPIH yaitu sebesar 44%," kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara.

Per Mei 2021, dana haji yang dikelola oleh CIMB Niaga sebesar Rp 4,9  triliun. Ini masih meningkat sebesar 131% dari akhir 2020. Pangsa pasar bisnis haji bank ini tahun 2020 meningkat jadi 6,97% dari 6,25% tahun 2019. 

Baca Juga: Tren Dana Haji di Bank Syariah Menurun

Selain menggarap bisnis haji, CIMB Niaga juga terpilih sebagai bank penempatan, bank mitra investasi, bank pengelola nilai manfaat, dan bank likuiditas dana haji dari BPKH. Namun, dia tidak menyebut berapa nilai dana yang ditempatkan BPKH di CIMB Niaga Syariah. 

Tahun ini, CIMB Niaga mendapatkan target dari BPKH sesuai fungsi sebagai BPS BPIH dalam penerimaan setoran haji. 

"Kami tetap berupaya untuk menjaga pertumbuhan porsi haji di 2021 dengan program dan layanan yang memberikan kemudahan untuk berhaji kepada masyarakat dan calon nasabah baik yang telah siap daftar haji maupun baru mempersiapkan dana dengan menabung," pungkas Pandji.

Selanjutnya: Penempatan dana haji di bank turun, ini penyebabnya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×