Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Alto Network memahami berbagai kebutuhan mitra serta pelanggan yang beragam. Melihat bahwa penggunaan Whatsapp sangat besar, penyelenggara infrastruktur sistem pembayaran (PIP) dan penyelenggara penunjang sistem pembayaran ini menghadirkan solusi WhatsApp OTP (One-Time Password) dan WhatsApp Commerce pertama di Indonesia.
WhatsApp OTP dan WhatsApp Commerce dikembangkan oleh META sebagai solusi inovatif yang merupakan bagian dari WhatsApp Business Platform. Ini bertujuan untuk membantu pelaku bisnis dan pelanggan terhubung dengan cepat, mudah, dan aman.
Alto telah melayani berbagai bank serta institusi finansial terkemuka di Indonesia. Selama tahun 2022, perusahaan ini telah memproses 800 juta transaksi finansial dengan nilai gross transaction volume (GTV) mencapai Rp 802 triliun.
Layanan pengiriman OTP melalui WhatsApp telah banyak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia dengan menggunakan jalur API (Application Programming Interface) yang sama dengan API percakapan biasa.
Namun, apa yang membedakan layanan OTP yang ditawarkan Alto adalah penggunaan jalur API khusus untuk pengiriman OTP dengan standar keamanan perbankan dan enkripsi yang menyeluruh (end-to-end). Hal ini sebagai jawaban atas tantangan dunia digital saat ini dengan semakin maraknya kejahatan siber (cybercrime) di Indonesia.
Selain itu, solusi OTP ini juga diharapkan dapat membantu pelaku bisnis dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan OTP melalui SMS (Short Message Service) yang telah ada selama ini.
"Kami memahami tantangan yang dihadapi bisnis dalam lansekap yang dinamis saat ini, sehingga langkah cepat dan efisien menjadi penting untuk pengembangan bisnis. Perusahaan dapat meningkatkan tingkat keamanan transaksi dengan menggunakan solusi pengiriman OTP bagi pelanggannya melalui integrasi yang mudah, cepat, dan aman." kata Gretel Griselda, Chief of Business Alto dalam keterangan resminya, Rabu (31/5).
Gretel menyakini bahwa dengan solusi ini maka bisnis akan mengalami peningkatan efisiensi, kinerja, dan keunggulan kompetitif di pasar.
Sementara dalam meluncurkan WhatsApp Commerce, Alto juga menggandeng PT MCP Indo Utama (MCPayment) selaku payment gateway. Solusi ini membantu pelaku bisnis yang sudah terdaftar di META (dengan status verified) untuk membuat katalog serta memamerkan produk dan layanan mereka di WhatsApp Business sehingga mempermudah pelanggannya untuk melakukan pemesanan, pembelian, melakukan pembayaran, hingga pengantaran produk.
Gretel bilang, WhatsApp Commerce dihadirkan dengan tujuan mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka, karena sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu pengguna WhatsApp terbesar di dunia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News