kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amartha dan Kominfo Dorong Literasi Digital UMKM Lewat Program UMKM Level Up


Jumat, 07 Juli 2023 / 22:45 WIB
Amartha dan Kominfo Dorong Literasi Digital UMKM Lewat Program UMKM Level Up


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaksanakan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM “UMKM Level Up”. 

Dalam program tersebut, plaftorm peer to peer lending yang bergerak di bidang UMKM itu memberikan fasilitas pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan, yang bertujuan untuk mendorong pengetahuan para pelaku UMKM terkait teknologi digital 4.0.

Chief Operating Officer Amartha Budhi Siswoadji berharap keterampilan dan kemandirian pelaku usaha UMKM bisa meningkat melalui ekosistem digital. Dengan demikian, pelaku UMKM dapat meningkatkan akses pemasaran, efisiensi, dan efektivitas operasional, sekaligus berdampak pada transaksi penjualan serta daya saing UMKM di Indonesia. 

“Amartha melihat potensi yang sangat besar bagi UMKM untuk bersaing. Salah satu caranya dengan memberikan literasi keuangan dan digital. Dengan mengadopsi digitalisasi, UMKM berpotensi untuk memperluas jangkauan pasar hingga mengembangkan kapabilitas usahanya," ucap dia dalam keterangan tertulis, Kamis (6/7).

Baca Juga: Pluang Kampanyekan #BukaPluangEmas, Ajak Masyarakat Berinvestasi

Budhi mengatakan penandatanganan kerja sama peluncuran program tersebut telah dilakukan pada Mei 2023. Tercatat, akan ada 110 fasilitator lain yang akan terlibat dalam pelaksanaan program tersebut. 

Sementara itu, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Samuel Pangerapan menjelaskan lewat program tersebut, pihaknya akan meningkatkan adopsi digital bagi pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat. Kominfo juga berkomitmen memfasilitasi inkubasi bisnis 100 pelaku UMKM binaan. 

Dia menerangkan dengan melibatkan para fasilitator, harapannya peningkatan level adopsi teknologi digital dan peningkatan kemampuan bisnis dapat mendorong produksi dalam negeri. Jika hal itu terwujud, nantinya akan berdampak pada peningkatan nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional

Adapun program tersebut diadakan di berbagai wilayah sebaran UMKM meliputi Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat & Timur, Papua dan Papua Barat dengan tema seputar inklusi keuangan dan digital. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×