kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha UOB kucurkan modal ventura US$ 5 juta


Senin, 21 Maret 2016 / 20:49 WIB
Anak usaha UOB kucurkan modal ventura US$ 5 juta


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Kalangan pelaku usaha kecil menengah atau Small medium enterprise (SME) masih sangat menggantungkan modalnya dari pembiayaan ventura.

Karena itu, InnoVen Capital, anak perusahaan patungan United Overseas Bank Limited (UOB) dan Temasek ini akan mengucurkan pembiayaan dengan dua UKM, yakni KFit Holdings yang merupakan e-commerce asal Malaysia yang bergerak bidang kesehatan dan fitness serta Pomelo Fashion asal Thailand yang bergerak pada bidang fesyen.

InnoVen akan memberikan pinjaman dengan nilai total US$ 5 Juta untuk membantu KFit Holdings dan Pamelo. Pinjaman ventura ini dapat digunakan sebagai sumber pendanaan alternatif.

Pomelo Fashion dipilih lantaran dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Perusahaan tersebut menggunakan e-commerce memasarkan dan menjual pakaian, aksesoris serta sepatu di Asia Tenggara.

CEO InnoVen Asia Tenggara Chin Chao mengatakan, sebagai tahap awal utang ventura tersebut akan di kucurkan pada kuartal I 2016. Nantinya InnoVen akan mengucurkan pinjaman kepada 20 perusahaan rintisan yang ada di kawasan Asia Tenggara, India dan Tiongkok.

“Ini menunjukkan pentingnya pinjaman ventura sebagai sumber pendanaan alternatif dibandingkan pinjaman ekuitas yang ditawarkan oleh Venture Capitalists. Sebagai bagian dari mandat investasi, InnoVen mencari perusahaan-perusahaan yang memiliki model bisnis yang berpotensi menjadi bisnis skala global,” ujar Chin Chao dalam pernyataan resminya, Senin (21/3).

Tentunya perusahaan startup itu, telah diidentifikasikan oleh InnoVen layak menerima utang ventura dalam enam bulan mendatang. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di bidang e-commerce, financial technology, logistik dan big data.

Seagai informasi saja, InnoVen didirikan di tahun 2015 dengan tujuan memberikan pinjaman utang ventura senilai US$500 Juta dalam kurun waktu lima tahun kepada perusahaan-perusahaan rintisan yang inovatif dan berkembang pesat. Menurut laporan utang ventura yang dikeluarkan oleh Ernst & Young, potensi pasar untuk utang ventura di Singapura, Tiongkok dan India di tahun 2015 hingga 2019 sejumlah US$2,2 Miliar.

UOB dan Temasek telah berkomitmen bahwa masing-masing akan memberikan dana modal kerja sebesar US$100 juta ke InnoVen. Pembiayaan utang ventura merupakan bagian dari komitmen UOB untuk mendorong pertumbuhan perusahaan Asia, dari perusahaan rintisan hingga perusahaan terbuka. 

Bank memberikan solusi finansial dari hulu ke hilir seperti equity crowdfunding, venture debt financing, term loans dan capital market solutions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×