kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asuransi semakin getol di sektor digital


Rabu, 07 September 2016 / 21:01 WIB
Asuransi semakin getol di sektor digital


Reporter: Dina Farisah | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Ibarat jamur di musim hujan, perusahaan asuransi kompak berfokus pada pengembangan digital. Wajar saja, kini teknologi digital sudah jadi makanan sehari-hari banyak orang.

Presiden Direktur AXA Mandiri Financial Services Jean Philippe Vandenschrick mengungkapkan, pihaknya berinvestasi sangat besar dalam pengembangan digital. Namun ia tidak menyebutkan angkanya. Perusahaan telah mengembangkan beberapa platform digital untuk mempermudah proses klaim sejak tahap awal hingga akhir melalui MyAXA Mandiri Claim untuk asuransi umum, hingga Whatsapp Claim serta Express Claim untuk asuransi jiwa dan kesehatan.

"Melalui perambahan pada fitur digital, kami dapat memberikan informasi dan layanan kepada nasabah dengan cara cepat dan efisien. Kami akan melakukan pengembangan digital secara signifikan dalam waktu bertahap," ujar Philippe.

Dari sisi pelayanan produk, Live Chat diciptakan untuk membantu nasabah dalam berkomunikasi real time dengan customer service dan e-buy melalui AXA Direct diciptakan guna mempermudah nasabah dalam membeli produk secara online.

PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) bekerja sama dengan Halo BCA dalam menyediakan fitur digital. BCA Life ingin menjangkau nasabah serta memudahkan dalam pengalaman berasuransi.

Presiden Direktur & CEO BCA Life Christine Setyabudhi memperkenalkan fitur digital bernama BCA Life V-Chat. Christine mengklaim bahwa penggunaan fitur BCA Life V-Chat ini sangat mudah. Nasabah cukup mengangkat telepon yang sudah disediakan di gerai myBCA dan langsung terhubung secara face to face lewat video call dengan customer service di Halo BCA. Selanjutnya, akan tersambung dengan sistem di BCA Life. Saat ini, layanan BCA Life V-Chat baru berupa informasi dan pelayanan. Nantinya, akan mengarah kepada penjualan.

"Selama ini, asuransi selalu diasumsikan dengan hal negatif. Waktu berjualan, mengejar-ngejar nasabah. Begitu nasabah butuh, asuransi sulit dicari. Melalui fitur ini, kami ingin menghilangkan stigma tersebut," ujar Christine.

Saat ini, BCA Life V-Chat dapat dijumpai pada setiap gerai MyBCA yang terdapat pada beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta dan Surabaya. Antara lain di Jakarta terdapat di Gandaria City, Bintaro X-Change, Central Park, Emporium Pluit dan Kota Kasablanka. Sementara gerai MyBCA di Surabaya tersebar di Grand City dan Ciputra World. Selain pada gerai myBCA, BCA Life V-Chat juga terdapat pada beberapa kantor cabang dan training center BCA.

Presiden Direktur PT Central Asia Financial, Reginald J Hamdani memiliki strategi khusus dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat ini. Pihaknya terus mengupayakan pelanggan baru dan berkomitmen pada calon pelanggan untuk dapat memperoleh akses asuransi kesehatan dan jiwa secara mudah, aman, dan terjangkau.

"Selain itu, kami juga menawarkan berbagai penawaran menarik yang kami sesuaikan secara berkala untuk menarik minat pelanggan seperti diskon menarik, nonton gratis dan lain-lain. Sehingga asuransi menjadi lebih menarik. Tidak melulu tentang sakit atau meninggal," jelas Reginald.

Ke depannya, Jagadiri terus memperkuat dan memperbanyak penawaran produk yang unik dan relevan. Sebagai informasi, penjualan Jagadiri tumbuh 3,2 kali lipat dari Rp 7,9 miliar sepanjang tahun 2015 menjadi Rp 25,4 miliar hingga Agustus 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×